Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tagar Prabowo dan Ganjar Populer di Twitter Selama April 2023

Percakapan tentang Prabowo unggul dengan 14 kata kunci dengan waktu trending topic selama 54,5 jam. Sementara percakapan tentang Ganjar hanya menghasilkan waktu trending topic selama 34 jam. Namun, dari sisi rata-rata peringkat, Ganjar memiliki unggul karena tagar/kata kunci berada di peringkat 4,3, sementara Prabowo duduk di peringkat 6,2.

Penelitian Respublica juga menemukan kemunculan kata kunci/tagar pada pukul yang sama memiliki frekuensi yang cukup tinggi. Secara keseluruhan, terdapat 35 kali frekuensi pertemuan kata kunci/tagar dari percakapan Ganjar dan Prabowo. Setidaknya terdapat 3 hari yang memperlihatkan pertemuan kata kunci dengan frekuensi tinggi.

Frekuensi ini menjadi penanda terjadinya persaingan sengit antara Ganjar dan Prabowo. Frekuensi pertemuan kata kunci/tagar tertinggi terjadi pada 13 April, sebanyak 12 kali. Selain itu, hari lain yang menunjukkan frekuensi tinggi pertemuan kata kunci/tagar Ganjar dan Prabowo adalah 12 April 2023 (9 kali), dan 14 April 2023 (6 kali).

Bila dikomparasikan dengan produksi tagar/kata kunci, maka terdapat 2 hari dimana terjadi produksi kata kunci/tagar yang tinggi. Tanggal 12 dan 21 April 2023 menjadi yang tertinggi dengan total produksi 5 kata kunci. Pada 12 April 2023, Prabowo lebih unggul dengan 4 kata kunci/tagar berbanding 1 kata kunci/tagar milik Ganjar. Namun pada 21 April 2023, situasinya berbalik dengan keunggulan Ganjar (4 kata kunci/tagar) dibanding Prabowo (1 kata kunci/tagar).

Temuan menarik penelitian ini memperlihatkan Prabowo menghasilkan lebih banyak kata kunci/tagar dan waktu trending topic. Meskipun begitu secara peringkat harian trending topic Ganjar jauh lebih tinggi. Rata-rata peringkat hari Ganjar adalah 4,3, sementara Prabowo 7,4. Ganjar juga unggul selama 6 hari, sementara Prabowo hanya unggul selama 1 hari. Peringkat tertinggi Ganjar adalah 1,5 (21 April 2023), sementara Prabowo adalah 5,2 (12 April 2023).

Menanggapi hasil penelitian terbaru Respublica Institute, Ketua Advokat Merdeka Pembela Rakyat (AMPERA), Muhammad Mualimin mengatakan popularitas Ganjar dan Prabowo di kalangan warganet bukan tanpa celah. Menurutnya, baik Ganjar maupun Prabowo harus mencari argumentasi yang logis karena pernah menghadapi tuduhan hukum di masa lalu.

“Ganjar dan Prabowo walau keduanya tidak pernah diadili atau tidak pernah dinyatakan bersalah dalam kasus di atas, tetap saja akan kerepotan jika isu itu nanti dihembuskan pada masa kampanye. Mulai dari sekarang, tim kampanye Ganjar dan Prabowo sudah harus bersiap menghadapi serangan politik paling mematikan yang akan meluncur pada awal 2024”, ujar Mualimin dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (10/5).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru