Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Menstruasi Tidak Teratur? Ini 5 Tips Menanganinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siklus menstruasi tiap wanita pastinya berbeda-beda dan tidak ada yang sama. Ada yang selalu rutin mengalami mens sebulan sekali, ada terjadi setiap 21 hari.

Periode menstruasi pun beragam mulai dari 2 hingga 7 hari, begitu juga dengan derasnya.
Namun, tidak sedikit pula wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur. Para wanita dengan siklus ini pun tidak bisa mengetahui secara pasti tanggal berapa ia akan mendapatkan mens.

Agar bisa membantu mens datang lebih teratur, ini cara yang bisa Sobat Holopis ikuti.

Pola Makan Teratur

Pola makan juga bisa mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh sehinga berpengaruh pada siklus menstruasi.

Cukupi asupan karbohidrat sekitar 45% – 65% dari total asupan kalori harian. Karbohidrat yang tidak terpenuhi bisa menyebabkan fungsi tiroid terganggu dan kadar hormon leptin di dalam tubuh menurun.

Rutin Olahraga

Lakukan olahraga rutin. Ini bisa mengatasi sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang bisa menyebabkan haid tidak terautur. Salah satu jenis olah raga yang bisa Sobat Holopis jalankan adalah yoga.

Pertahankan Jadwal Tidur Teratur

Terapkan jadwal tidur yang teratur dan nyenyak. Ini bisa memberikan istirahat berkualitas dan membantu siklus menstruasi menjadi lebih baik lagi.

Kurangi Perasaan Gundah Gulana dan Stress

Ketika stress, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan progesterone. Hormon – hormon ini bisa memengaruhi siklus menstruasi. Kurangi stress dengan cara berdo’a, yoga, meditasi, dan menerapkan pola hidup sehat.

Jaga Berat Badan Ideal

Jagalah berat badan Sobat Holopis agar tetap ideal agar tidak memengaruhi siklus menstruasi. Tak hanya obesitas, terlalu kurus juga tidak baik untuk siklus mens. Sehingga, jaga tubuh agar beratnya tetap ideal.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru