Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ketahui 5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berjemur di pagi hari diketahui dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, hal ini juga dapat dilakukan sebagai bagian dari hidup sehat. Hal ini karena, berjemur di pagi hari dapat membantu produksi vitamin D secara alami pada tubuh. Adapun vitamin D sendiri, kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat berjemur di pagi hari bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dirangkum Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Rabu (10/5).

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketika asupan vitamin D dalam tubuh terpenuhi, hal ini diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, membantu menurunkan berbagai resiko penyakit seperti jantung, flu, sklerosis, hingga penyakit autoimun atau jenis kanker tertentu.

Jadi, usahakan selalu meluangkan waktu berjemur di pagi hari dan jangan takut menghitam, karena matahari di pagi hari merupakan vitamin.

2. Mengurangi Resiko Depresi

Manfaat berjemur di pagi hari berikutnya yaitu, mengurangi resiko depresi. Hal ini karena, sinar matahari dapat memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, hormon inilah yang bermanfaat meningkatkan mood serta meningkatkan perasaan tenang.

Selain itu, seseorang yang mengalami depresi kemungkinan besar juga akan merasakan perubahan suasana hati bila dirinya berjemur di pagi hari.

3. Membantu Cegah Gangguan pada Tulang

Berikutnya, berjemur di pagi hari juga diketahui dapat membantu pencegahan gangguan pada tulang. Hal ini karena, salah satu manfaat paparan sinar matahari pagi adalah membantu produksi vitamin D pada tubuh secara alami.

Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium pada tubuh, sehingga dapat meningkatkan kekuatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis serta radang sendi.

4. Berpotensi Turunkan Risiko Kelahiran Prematur

Berjemur di pagi hari dipercaya dapat menurunkan resiko terjadinya persalinan prematur, serta infeksi yang berhubungan dengan kehamilan. Hal ini karena, asupan vitamin D yang diperoleh tubuh pasca berjemur.

Namun, hal ini masih menjadi perdebatan, sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan kebenaran manfaat berjemur di pagi yang satu ini.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berubahnya pola tidur yang signifikan rentan terjadi seiring bertambahnya usia, nyatanya tidur cukup dan nyenyak bermanfaat dalam memperbaiki sel-sel tubuh sekaligus menjaga daya tahan.

Dalam hal ini, anda dapat memanfaatkan sinar matahari yang memiliki peran penting menjaga pola tidur tetap teratur. Pasalnya, paparan sinar matahari dari berjemur di pagi hari diketahui dapat membantu mengatur ritme sirkadian pada tubuh. Sehingga, membantu tubuh mengantuk ketika matahari mulai terbenam.

Itulah beberapa manfaat baik berjemur di pagi hari yang patut anda ketahui. Setelah mengetahui manfaatnya, sayang bila dilewatkan jadi usahakan untuk meluangkan waktu berjemur di pagi hari, guna mendapatkan manfaat-manfaat baiknya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru