Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Bakal Pimpin 5 Pertemuan di KTT ASEAN Hari Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin seluruh pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN 2023 yang digelar di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari ini, Rabu (10/5).

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengatakan, bahwa total ada lima pertemuan hari ini yang akan dipimpin Jokowi sebagai Ketua ASEAN 2023.

“Besok akan ada lima pertemuan yang semuanya akan dipimpin oleh Bapak Presiden (Jokowi),” ujar Retno dalam konferensi pers di Hotel Meruorah, Selasa (9/5) malam, yang dikutip Holopis.com.

Lima pertemuan tersebut, kata Retno, salah satunya berformat pleno. Sedangkan empat lainnya berformat tatap muka, yakni dengan youth, ABAC (ASEAN Business Advisory Council), serta dengan high level task force.

Kemudian pada keesokan harinya, yakni pada Kamis (11/5), Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin dua dari tiga pertemuan yang ada.

Adapun dua pertemuan tersebut yakni Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

“Besoknya pada tanggal 11 Mei akan ada tiga pertemuan kembali yaitu pertemuan KTT dalam bentuk retreat dan dua pertemuan subregional yaitu IMT-GT dan BIMP-EAGA,” kata Retno.

Sebagai informasi, KTT Ke-42 ASEAN 2023 Labuan Bajo telah resmi berlangsung sejak Selasa (9/5) kemarin sampai Kamis (11/5) mendatang. Para pemimpin negara ASEAN yang tiba di Labuan Bajo pun sudah mulai melakukan pertemuan bilateral.

KTT ASEAN 2023 di Indonesia ini akan ditutup pada Kamis, 11 Mei 2023, dengan penyampaian Summit dan acara makan-makan bersama para pimpinan negara dan delegasi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru