Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Atasi Rasa Tidak Nyaman Akibat Stres dengan 5 Langkah Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Stres merupakan hal normal yang dialami seseorang, sebagai salah satu reaksi fisik maupun emosional terhadap perubahan lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Namun, bila stres yang dialami terlalu berat dan mengganggu kesehatan dan aktivitas, maka disarankan agar segera melakukan pemeriksaan.

Adapun, jika dibiarkan dapat menumpuk gejala stres dan membuat seseorang semakin tak nyaman. Gejala yang muncul diantaranya, gelisa, muka pucat, jantung berdebar-debar, sulit tidur atau tidak tidak nyenyak, nafsu makan berkurang atau sebaliknya nafsu makan berlebih, mudah tersinggung, sulit konsentrasi. Serta munculnya keluhan seperti sakit kepala, sakit perut, sakit maag, hingga keringat berlebih.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui apa saja langkah tepat yang dapat anda lakukan guna meredakan rasa tidak nyaman akibat stres. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Kementrian Kesehatan RI, Rabu (10/5).

1. Menerapkan perilaku hidup sehat, hal ini dapat anda lakukan dengan menerapkan rutin berolahraga, makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, serta mencukupi kebutuhan tidur setiap harinya
2. Melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan
3. Lebih meningkatkan kegiatan spiritual atau kegiataan keagamaan, dengan mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama masing-masing, agar jiwa merasa jauh lebih tenang
4. Berpikir hal-hal baik dan menyenangkan, tujuannya agar anda dapat meninggalkan beban pikiran yang membuat stres berlebihan, dan lebih fokus terhadap hal-hal positif lainnya
5. Berbagi cerita atau perasaan dan keluhan yang dialami, anda dapat melakukannya dengan orang-orang terdekat maupun orang yang anda anggap dapat dipercaya

Ketika melakukan langkah-langkah yang telah dijabarkan sebelumnya, diharapkan dapat meminimalisir rasa tak nyaman saat anda sedang mengalami masa terberat anda atau stres.

Perlu diingat, jangan pernah ragu meminta bantuan kepada tenaga kesehatan terdekat apabila merasa stres berkepanjangan dan sudah terlalu mengganggu aktivitas harian anda.

Tujuannya, agar mendapat penanganan secepat mungkin guna mencegah berbagai penyakit yang dapat timbul, akibat stres berlebihan dan berkepanjangan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru