Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizAnies Kritik Subsidi Mobil Listrik, Kok Dulu Malah Bebaskan BBNKB?

Anies Kritik Subsidi Mobil Listrik, Kok Dulu Malah Bebaskan BBNKB?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bakal calon presiden usungan Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan melontarkan kritikan terhadap kebijakan pemerintah terkait subsidi kendaraan listrik atau electic vehicle.

Padahal ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies memberikan dukungan terhadap percepatan transisi kendaraan listrik dengan memberikan insentif melalui pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) kendaraan listrik di Jakarta.

Dukungan itu sebagaimana tertuang dalam aturan Pergub No.3/2020 tentang Insentif Pajak Balik Nama Kendaraan Bermotor atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Untuk Transportasi Jalan, yang diundangkan pada 15 Januari 2020 dan masih berlaku sampai sekarang.

“Penyerahan KBL Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan merupakan Objek Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor,” bunyi pasal 2 ayat 1 Pergub tersebut.

“Terhadap objek pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), diberikan insentif tidak dikenakan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.” lanjut ayat 2 pasal tersebut.

Sebagaimana diberitakan Holopis.com, Anies Baswedan beberapa waktu lalu mengkritik kebijakan pemerintah terkait pemberian subsidi kendaraan yang dinilainya sebagai kebijakan yang salah, karena salah sasaran.

“Solusi menyelesaikan persoalan, bukan memberikan subsidi mobil listrik, karena penikmat mobil listrik bukan mereka yang butuh bantuan,” kata Anies, Minggu (7/5).

Selain itu, dia juga menilai kebijakan pemberian subsidi tersebut justru membuat emisi karbon meningkat, lantaran volume kendaraan bertambah.

Anies pun menyarankan, agar subsidi tersebut dialihkan ke transportasi umum listrik, seperti bus, karena bus dianggap bisa menekan angka kendaraan pribadi di jalanan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.