Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ternyata Ini Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Padatnya aktivitas kerap membuat tidur siang menjadi terlewatkan, padahal banyak manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh seseorang. Selain itu, tidur siang yang cukup tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga mental.

Namun untuk mendapatkan berbagai manfaat tidur siang, anda disarankan untuk tidak terlalu lama dan memilih waktu yang tepat. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut agar mengetahui manfaat tidur siang, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Selasa (9/5).

1. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat baik tidur siang bagi kesehatan yang pertama yaitu, memperbaiki suasana hati. Bila anda merasa stres, cemas, atau gelisah, cobalah untuk melakukan relaksasi dengan tidur sejenak. Dengan begitu, stres yang anda rasakan telah terkendali dan merasa lebih santai, serta suasana hati dapat membaik. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi resiko terkena gangguan mental, seperti depresi.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Kewaspadaan

Riset membuktikan bahwa tidur siang cukup dapat meningkatkan energi serta kelancaran aliran darah, termasuk di otak. Seseorang yang tidur selama 15-30 menit akan terlihat lebih segar, produktif, dan mudah fokus dibanding orang yang kelelahan saat bekerja. Tak hanya itu, tidur siang yang cukup juga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Berikutnya, manfaat tidur siang diketahui baik untuk menambah energi dan kinerja otak. Riset menyebutkan bahwa rutin tidur siang bermanfaat menambah daya ingat atau memori, serta kemampuan untuk mengolah informasi, dan mempelajari hal-hal baru. Itu sebabnya, bila anda ingin mempelajari atau menghafal materi sebaiknya lakukan setelah tidur siang. Tidur siang mampu membuat anda lebih fokus dan mudah mengingat, adapun tidur siang juga dipercaya baik untuk mencegah pikun atau demensia.

4. Menambah Jam Tidur

Beberapa orang yang bekerja secara shift atau jadwal bergantian, kemungkinan kurang tidur di malam hari. Itu sebabnya, untuk mencukupi waktu tersebut diperlukan tidur siang, anda dapat melakukannya dengan pola tidur bifasik. Lakukan pembagian waktu tidur menjadi 1-1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Stres dan kelelahan, dapat meningkatkan resiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Maka, sangat penting untuk meluangkan waktu bagi tidur siang, pasalnya tidur siang diketahui mampu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Riset menyebutkan, orang yang rutin tidur siang dan cukup setiap malam memiliki resiko lebih rendah terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini karena, tidur siang diketahui dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa manfaat tidur siang yang dapat anda peroleh, bila kondisi memungkinkan tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk tidur siang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru