Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Catat! Ini Manfaat Putih Telur yang Sayang Jika Dilewatkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terdapat beragam manfaat putih telur yang baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung. Adanya manfaat ini, diperoleh dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya.

Nilai gizi dalam 1 butir telur umumnya, bervariasi tergantung dikonsumsi secara utuh atau bagian kuning saja, maupun hanya putih telur saja. Putih telur mengandung sekitar 90% air dan 10% protein, tak hanya itu bagian ini juga mengandung mineral dan vitamin meski dalam jumlah kecil.

Putih telur diketahui memiliki lebih sedikit kalori dan lemak, bila dibandingkan dengan telur utuh atau kuningnya saja. Oleh karena itu, jika ingin mendapat manfaat ini anda dapat mengkonsumsi putih telur saja. Simak penjelasan berikut ini, agar mengetahui apa saja manfaat putih telur seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Selasa (9/5).

1. Membangun Massa Otot

Asupan protein cukup, diperlukan untuk membangun otot yang kuat serta mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia. Itu sebabnya, dengan kandungan protein yang tinggi tanpa tambahan lemak dalam putih telur sangat cocok dimasukkan dalam menu makan sehat, apalagi untuk anda yang aktif secara fisik maupun menjalani latihan kekuatan secara rutin.

2. Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal, putih telur dapat menjadi pilihan makanan yang baik bagi anda. Pasalnya, putih telur merupakan salah satu sumber protein dengan kalori rendah dan sangat sedikit mengandung lemak. Sehingga, asupan protein yang cukup tersebut dapat mengontrol nafsu makan, mengurangi rasa lapar, serta membuat rasa kenyang lebih lama.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Pasca Operasi

Berikutnya, perlu diketahui bahwa kandungan protein atau asam amino dalam telur rebus terutama bagian putihnya, mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak bahkan termasuk bekas luka operasi. Itu sebabnya, dokter sering menyarankan pasien pasca operasi mengkonsumsi putih telur rebus agar mempercepat proses penyembuhan luka operasi.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Dengan kandungan sedikit lemak serta tinggi protein, putih telur dapat menjadi pilihan makanan tepat dan baik bagi seseorang yang menderita penyakit jantung, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi. Manfaat ini turut didukung beberapa penelitian, yang menunjukkan bahwa seseorang yang memenuhi asupan protein tinggi dapat mengurangi faktor resiko penyakit jantung.

Walaupun putih telur tinggi akan protein dan rendah lemak, namun kandungan mineral dalam putih telur juga tidak sebanyak kuning telur. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan ragam makanan sehat lainnya bersama putih telur untuk memenuhi asupan nutrisi yang seimbang.

Agar mendapatkan manfaat putih telur secara maksimal, hindari membumbui telur dengan garam ataupun menggorengnya dengan minyak. Pasalnya, cara tersebut justru akan membuat putih telur menjadi kurang sehat. Adapun, penting untuk menghindari konsumsi telur mentah atau setengah matang guna mencegah bakteri salmonella.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru