Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Ketahui Bahaya Merokok bagi Kesehatan Mulut dan cara Menghentikannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bahaya merokok bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, tak hanya mendatangkan masalah bagi jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga berdampak buruk bagi kesehatan mulut dan gigi ikut terganggu. Rokok bahkan hampir tidak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu kebiasaan buruk ini patut segera dihentikan.

Kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting dijaga, sebagai bagian dari menjaga kesehatan diri. Pasalnya, mulut dan gigi memiliki beragam fungsi bagi manusia, sehingga wajib dijaga kebersihan dan kesehatannya. Namun, hal ini dapat terganggu oleh berbagai kebiasaan buruk, salah satunya yaitu merokok.

Walaupun kebiasaan ini sulit dihentikan, anda harus mengetahui dampak buruknya bagi kesehatan mulut dan cara menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Dengan menyimak penjelasan berikut ini, seperti telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Senin (8/5).

Dampak Merokok bagi Kesehatan Mulut :

Resiko gangguan pada gigi dan gusi pada orang dewasa, sering terjadi akibat kebiasaan merokok. Pasalnya, merokok diketahui dapat menghambat aliran darah ke gusi, sehingga membuat gusi kurang nutrisi dan rentan mengalami infeksi. Bahkan, kondisi ini akan memperbesar resiko terjadinya peradangan pada gusi, terutama setelah scaling. Adapun, beberapa masalah pada gigi dan mulut lainnya akibat merokok, yaitu:

1. Perubahan warna gigi
2. Bau nafas tak sedap
3. Berkurangnya kepadatan tulang pada rahang
4. Gigi berlubang
5. Gigi tanggal
6. Peradangan gusi atau periodontitis
7. Resiko kanker mulut
8. Peradangan kelenjar ludah
9. Penumpukan plak dan terbentuknya karang gigi
10. Munculnya bercak putih dalam mulut atau leukoplakia

Tips Berhenti Merokok :

Ketika berhenti merokok, penelitian membuktikan bahwa hal ini juga akan mengurangi resiko terganggunya kesehatan secara drastis. Oleh karena itu penting untuk menghentikan kebiasaan merokok bila ingin tetap sehat, salah satunya dengan metode nicotine replacement therapy (NRT). Metode ini dipercaya cukup efektif dan relatif aman bagi semua orang, bila ingin menghentikan kebiasaan merokok, terapi ini dapat dilakukan dengan beberapa pilihan, yaitu:

1. Permen karet nikotin, anda dapat mengunyah secara perlahan selama 30 menit
2. Tablet sublingual, dengan meletakkannya di bawah lidah dan dibiarkan larut dengan sendirinya
3. Tablet hisap, digunakan dengan cara dihisap di antara gusi dan bagian dalam pipi
4. Transdermal, dengan bentuk menyerupai koyo dan ditempelkan pada permukaan kulit
5. Inhaler, anda dapat menggunakannya dengan cara dihirup secara teratur dan sesuai dosis

Itulah beberapa hal yang dapat terjadi dalam mulut bagi seorang perokok aktif, bila tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut serta gigi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru