Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Strategi Ciamik Bawa Timnas Balap Sepeda Indonesia Raih Emas SEA Games 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Balap Sepeda Indonesia berhasil menyumbangkan medali emas yang ketiga dari cabor Cycling untuk Indonesia di SEA Games 2023.

Berlangsung di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja, Minggu (7/5), Feri Yudoyono, Zaenal Fanani, Sayu Bella Sukma Dewi, dan Dara Latifah menjadi yang terbaik pada nomor Mixed Cross Country Relay (XCR).

Keempatnya sukses meraih medali emas setelah mencatatkan waktu tercepat yakni 50 menit 11 detik. Indonesia mampu mengalahkan Thailand yang harus puas dengan medali perak dengan catatan waktu 51 menit 44 detik. Sementara medali perunggu menjadi milik Filipina yang membukukan 52 menit 25 detik.

Dalam hal ini, Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo pun mengatakan bahwa strategi dan kerja keras atlet menjadi kunci keberhasilan kali ini.

“Semua tim sebelum lomba saling mengintip atlet yang diturunkan dan posisinya. Sebab, itu akan menentukan keberhasilan dan kesuksesan sebuah tim,” ungkap Dadang, sebagaimana rilis yang diterima Holopis.com, Minggu (7/5).

Tim balap sepeda juga harus memperhitungkan komposisi yang turun, karena pada SEA Games 2023 Indonesia nomor MTB tampil dengan enam atlet.

“Dari segi jumlah tim Indonesia terbatas. Kalau tim lain mempersiapkan secara khusus pebalap mereka untuk Cross Country Olympic (XCO), XCR, dan Cross Country Eliminator (XCE). Kalau kami harus memanfaatkan secara maksimal enam pebalap,” tambahnya.

“Bersyukur, anak-anak bisa memanfaatkan situasi dan kondisi yang terlihat menguntungkan untuk kita. Mereka menunjukkan performa bagus. Dara yang kemarin cedera dan dehidrasi bisa pulih dengan cepat berkat tim pendukung yang luar biasa dan beberapa asisten dan ofisial yang bekerja sama dengan baik hingga menghasilkan emas ketiga untuk Indonesia,” tutupnya.

Tim balap sepeda telah mengemas tiga emas dan satu perak. Sebelumnya pada nomor Sayu Bella Sukma Dewi sukses menjadi yang terbaik pada nomor XCO putri dengan catatan waktu 1 jam 13,48 menit.

Kemudian XCO putra menyumbang emas dan perak. Feri Yudoyono menjadi yang terbaik dengan cacatan waktu 1 jam 13,51 menit, diikuti Zaenal Fanani dengan perak terpaut 18 detik.

Pebalap sepeda lainnya yakni Ihza Muhammad berhasil menempati posisi ketiga terpaut 1 menit 15 detik dari pemenang.

Namun Ihza harus merelakan perunggu ke pembalap asal Kamboja Khim Menglong yang finis di posisi keempat. Pasalnya, sesuai aturan SEA Games dalam perlombaan satu negara tidak boleh menyapu bersih medali.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jadwal Live dan Link Streaming Closing Ceremony PON XXI Aceh-Sumut 2024 Malam Ini

Closing Ceremony PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan berlangsung malam ini. Simak jadwal live dan link streaming acara penutupan olahraga multievent terbesar di Indonesia tersebut.

Klasemen Medali Jelang Penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 : Jabar Teratas Jauh Ungguli DKI Jakarta

Jabar (Jawa Barat) berhasil menempati posisi teratas klasemen medali jelang penutupan PON XXI Aceh-Sumut 2024 hari ini, disusul DKI Jakarta dan Jatim di peringkat dua dan tiga.

China Open 2024 : Dejan/Gloria Lolos ke Semifinal Usai Sikat Wakil Malaysia

Pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil melangkah ke babak semifinal China Open 2024, usai tampil ciamik di babak perempat final.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru