Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cuaca Wilayah Kaltim Berpotensi Hujan Lebat pada 7-8 Mei

HOLOPIS.COM, Balikpapan – Cuaca di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dalam periode 7 – 8 Mei 2023, diprakirakan bakal dilanda hujan lebat yang sertai dengan petir dan angin kencang.

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mengimbau, agar masyarakat untuk waspada dampaknya. Seperti banjir, pohon tumbang dan beberapa dampak lainnya.

“Dampak dari peristiwa ini antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Heni Herlina dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Minggu (7/5).

BMKG juga sudah menyampaikan prakiraan cuaca ini kepada pihak terkait, termasuk kepada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota wilayah Kaltim.  Hal ersebut dilakukan, sebagai langkah mitigasi untuk meminimalisasi dampak ke masyarakat.

Cuaca di hari Minggu (7/5) berpotensi hujan petir di Kecamatan Balikpapan Kota pada pukul 14.00 WITA. Kemudian pada pukul 17.00  di Kecamatan Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah. Sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan hingga pukul 20.00 WITA.

Selanjutnya sekitar pukul 23.00 WITA diprakirakan hujan disertai petir terjadi di semua kecamatan. Sedangkan pada Senin dini hari sekitar pukul 02.00 WITA hujan disertai petir di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Di Kota Samarinda, lanjutnya, hujan disertai petir berpotensi terjadi di semua kecamatan pada Minggu sekitar pukul 23.00 WITA hingga Senin dini hari, sehingga risiko banjir dan dampak lainnya memungkinkan terjadi di kota itu.

Untuk Kota Bontang, hujan disertai petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan pada Minggu sekitar pukul 17.00, 20.00, dan 23.00 WITA.

Sementara di Kabupaten Kutai Timur pada Minggu sekitar pukul 14.00 WITA diprakirakan hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Bentian Besar, Damai, dan Siluq Ngurai. Pada pukul 17.00, 20.00, dan 23.00 WITA hujan ringan hingga hujan petir berpotensi terjadi di semua kecamatan.

Sedangkan pada Senin dini hari, hujan disertai petir terjadi di 12 kecamatan yakni Bentian Besar, Bongan, Damai, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Muara Lawa, Nyuatan, Penyinggahan, Sekolaq Darat, dan Siluq Ngurai. Sementara 5 kecamatan lainnya hujan ringan.

Ia melanjutkan Kabupaten Penajam Paser Utara pada Minggu pukul 23.00 WITA hingga Senin dini hari, hujan lebat hingga hujan petir terjadi di Kecamatan Penajam, Sepaku, Babulu, dan Kecamatan Waru.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru