BerandaNewsKesehatanTernyata Ini Cara Ampuh bisa Cepat Tidur, Catat

Ternyata Ini Cara Ampuh bisa Cepat Tidur, Catat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Insomnia atau kesulitan tidur di malam hari, memiliki banyak arti. Seperti sulit memulai tidur, sering bangun pada tengah malam ataupun terlalu pagi, dan tidak mampu tidur kembali. Hal ini menyebabkan seseorang kurang berenergi, dan tidak memiliki semangat untuk beraktivitas.

Masalah ini perlu segera ditangani, sebab bila tidak ditangani waktu istirahat malam menjadi tidak terpenuhi dan akhirnya berdampak pada kondisi kesehatan. Bila ingin tidur tetap berkualitas, lakukan beberapa tips yang akan dijabarkan berikut ini. Seperti yang telah dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Kamis (4/5).

1. Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama

Ketika ingin memiliki tidur berkualitas dan terhindar dari insomnia, cara pertama yang dapat anda lakukan adalah memiliki jam tidur yang disiplin. Lakukan dengan, tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh akhirnya terbiasa dengan tidur dan bagun di waktu yang sama, sehingga tidur lebih berkualitas.

Penerbit Iklan Google Adsense

2. Tidak Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Tertentu

Hindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi, sebelum tidur. Hal ini dapat menyebabkan tubuh bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak, sehingga membuat anda kesulitan untuk tertidur. Selain itu, anda juga perlu menghindari konsumsi minuman berkafein seperti kopi menjelang tidur, pasalnya hal ini dapat membuat anda terjaga sepanjang malam.

3. Hindari Interaksi dengan Benda Elektronik sebelum Tidur

Berikutnya, jika ingin tidur yang berkualitas dan terhindar dari insomnia cobalah untuk menjauhi interaksi dengan benda elektronik sebelum tidur. Anda dapat melakukannya, setidaknya sekitar 1,5 jam sebelum tidur malam, lalu apabila anda terbangun tengah malam hindari menyalahkan ponsel. Pasalnya, cahaya dari ponsel mengakibatkan penurunan produksi hormon melatonin yang membuat tidur terganggu.

4. Konsumsi Makanan Mengandung Karbohidrat

Dengan mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat dalam porsi yang tidak berlebihan, dipercaya dapat membuat tubuh lebih mudah tertidur. Hal ini karena, karbohidrat dapat membantu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat tubuh menjadi lebih mudah merasa kantuk. Meski begitu, hal ini masih memerlukan studi lanjutan guna untuk membuktikan kebenarannya.

5. Berlatih Pernapasan

Tips cepat tidur yang terakhir yaitu berlatih pernapasan. Mulailah mengambil napas dari hidung selama empat hitungan, lalu tahan nafas hingga tujuh hitungan, kemudian dihembuskan secara perlahan melalui mulut selama delapan hitungan, dan ulangi sebanyak empat kali. Bila dilakukan secara rutin, latihan ini dipercaya mampu membuat anda lebih rileks dan mudah mengantuk, tak hanya itu anda juga dapat melakukan terapi gelombang otak atau pengobatan herbal agar bisa cepat tidur. Seperti, mengkonsumsi daun kratom yang dipercaya mampu mengobati masalah tidur.

Itulah beberapa cara agar anda dapat tertidur dengan cepat di malam hari, serta memiliki tidur yang berkualitas. Anda juga dapat mengkonsumsi segelas susu coklat hangat sebelum tidur, agar membuat anda mengantuk. Namun, bila semua tips telah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda dan mulai dengan pengobatan medis.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS