HOLOPIS.COM, JAKARTA – Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengapresiasi betul pencapaian yang didapat Erling Haaland, atas rekornya menjadi pencetak gol terbanyak selama semusim di Liga Inggris.

Sebelumnya diketahui bahwa, Erling Haaland sukses mencetak sejarah baru menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Inggris selama satu musim, dengan 35 gol.

Torehan itu didapat saat Erling Haaland mampu mencetak satu gol ke gawang West Ham, dalam kemenangan 3-0 Manchester City di pekan ke-34 Liga Inggris, Kamis (4/5).

Pep Guardiola pun terang-terangan, ia mengatakan bahwa Haaland pantas mendapatkan pencapaian tersebut.

“Dia pantas mendapatkannya. Semua tim pantas mendapatkannya. Erling adalah striker spesial. Ya, kami sangat senang untuknya. Dia senang bekerja dan bersamanya,” ucap Guardiola, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Manchester City, Kamis (4/5).

“Semua orang senang memilikinya bersama kami. Rekor ini akan dipecahkan lagi. Mungkin oleh dia di masa depan atau oleh orang lain. Tpi dia akan mencetak banyak gol,” sambungnya.

Torehan Erling Haaland itu otomatis menggeser rekor yang dipegang sebelumnya oleh dua pemain top Liga Inggris seperti Alan Seharer pada musim 1994/1995 (34 gol) dan Andrew Cole pada musim 1993/1994 (34 gol).

“Dia telah mengalahkan striker top yang luar biasa, seperti Shearer dan Cole, ini spesial,” katanya.

“Pada akhirnya ketika Anda membeli pemain, dengan Erling kami tahu dia mencetak gol di mana-mana. Kami harus mulai bekerja, melihat prosesnya, melihat dia mengerti apa yang kami lakukan, para pemain memahami gerakannya, jadi ini masalah waktu, tapi bagaimana dia menyesuaikan diri, itu sangat cepat,” sambungnya.

“Ketika Anda memberinya peluang, dia mencetak gol di semua situasi. Hukuman. Kombinasi. Transisi. Dia bisa melakukan banyak hal. Itulah mengapa dia mencetak banyak gol,” tambahnya.

Lanjutnya, Guardiola merasa bahwa Erling Haaland akan terus mencetak gol, karena dia memiliki mentalitas yang kuat.

“Saya pikir dia sangat tenang. Dia ingin mencetak lebih banyak, lebih banyak, lebih banyak. Dia pikir dia akan mencetak gol di menit berikutnya, aksi berikutnya. Ini sangat positif. Saya belajar banyak dari mentalitas seperti ini. Ambisinya ada jika tidak dia tidak akan mencetak gol di sini, Dortmund dan Salzburg,” tukasnya.

Sebagai informasi, selain sejarah tersebut, Erling Haaland juga diambang mendapatkan titel sepatu emas alias trofi bagi top skor di Liga Inggris.

Torehan 35 gol Haaland sendiri sulit disusul oleh pemain mana pun, bahkan ia berjarak 10 gol dengan pesaing terdekatnya, yakni Harry Kane dari Tottenham Hotspur.