HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sembelit atau kesulitan buang air besar, sebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Hal ini, berkaitan erat dengan sistem pencernaan yang tidak lancar, kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja. Seseorang dinyatakan mengalami sembelit jika sudah tidak buang air besar (BAB), lebih dari tiga hari.

Bila hal ini terjadi, itu artinya ada salah dengan sistem pencernaan dan harus segera ditangani. Pasalnya, jika dibiarkan dapat memicu gangguan yang lebih serius. Lebih baik mencegah daripada mengobati, maka bila anda berisiko terkena sembelit simak penjelasan berikut ini, agar mengetahui cara membuat pencernaan lebih lancar. Seperti yang dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Kamis (4/5).

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Ketika kesusahan buang air besar, jangan terburu-buru memutuskan mengonsumsi obat pencahar. Anda dapat mencoba langkah pertama yaitu, mengubah gaya hidup terlebih dahulu. Salah satunya, menambah asupan air putih hal ini karena ketika tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan penyebab utama terjadinya sembelit. Saat tubuh mengalami dehidrasi, penyerapan air pada usus besar terjadi, hal inilah yang menyebabkan feses menjadi keras, kering, dan sulit dikeluarkan. Umumnya, orang dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi delapan gelas air putih per hari atau setara dengan 2 liter.

2. Aktif Bergerak
Kurang berolahraga dan bergerak, rupanya juga dapat menjadi pemicu terjadinya sembelit. Maka, penting untuk rutin berolahraga setidaknya jogging, lari-lari kecil, atau senam agar pencernaan menjadi lebih lancar. Banyak gerak, diketahui dapat membantu merangsang usus dan pada kesempatannya, banyak gerak berguna untuk mengatasi sembelit. Dengan memilih jenis olahraga yang sesuai dan dapat memberi dampak bagi kesehatan pencernaan, dapat anda lakukan agar sistem pencernaan lebih lancar. Namun, pastikan agar tidak melakukan olahraga secara berlebih, karena justru dapat sebabkan terjadinya gangguan kesehatan lain yang lebih berbahaya.

3. Konsumsi Serat
Selain minum air putih dan rajin bergerak, pastikan juga untuk selalu mengkonsumsi asupan serat yang cukup. Hal ini akan membantu melancarkan sistem pencernaan, bila ingin lancar anda perlu mengkonsumsi setidaknya 25 hingga 50 gram per hari. Semua didapatkan dengan konsumsi gandum utuh, buah, dan sayur-sayuran. Konsumsi serat yang cukup, akan sangat membantu melunakkan feses, sehingga lebih mudah keluar dari tubuh. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri baik alami seperti yogurt, untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Atur Waktu Buang Air Besar (BAB)
Selanjutnya, untuk membuat pencernaan lebih lancar anda dapat melakukannya dengan mengatur jadwal buang air besar. Caranya, dengan makan teratur pada jam yang sama agar pencernaan akan memiliki ritme yang lebih teratur dan BAB menjadi lebih lancar. Walaupun, pada sebagian orang pagi merupakan waktu terbaik untuk buang air besar, namun hal tersebut tentu berbeda-beda pada setiap orang, jadi cobalah tips yang telah kami jabarkan.

5. Posisi Duduk saat di Toilet
Siapa sangkah posisi duduk saat di toilet, rupanya berkaitan dengan kelancaran sistem pencernaan. Bila ingin BAB lebih lancar, dianjurkan untuk duduk dengan mengarahkan tubuh ke depan saat sedang buang air besar, lalu lemaskan bagian lengan dan paha, kemudian angkat sedikit tumit kaki. Dengan melakukan teknik ini, tubuh menjadi condong mengikuti gravitasi sehingga feses lebih mudah keluar.

Itulah beberapa tips agar pencernaan lebih lancar dan terhindar dari sembelit. Namun, jika terjadi sembelit berkepanjangan jangan ragu dan tahan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Sebab, mungkin saja kesulitan BAB terjadi akibat gejala penyakit tertentu.