Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

5 Cara Sederhana Atasi Telinga Tersumbat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tersumbatnya telinga, dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Tak hanya hidung yang dapat mengalami penyumbatan, telinga juga bisa. Penyebabnya sendiri bervariasi, mulai dari menumpuknya kotoran, perubahan ketinggian (ketika mendaki atau naik pesawat), air masuk ke dalam telinga, infeksi pada telinga, pilek, sinus, hingga alergi.

Kondisi ini umum terjadi baik pada anak maupun orang dewasa, maka penting untuk mengetahui cara sederhana mengatasinya. Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah Holopis.com rangkumkan dari situs resmi Halodoc, pada Kamis (4/5).

1. Kompres dengan Air Hangat

Bila telinga terasa tersumbat, cara sederhana pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya yaitu, kompres menggunakan air panas. Hal ini karena, suhu hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang berkumpul pada telinga bagian dalam, sekaligus melebarkan pembuluh darah. Sehingga, aliran darah maupun pasokan oksigen akan lebih mudah menuju ke area telinga yang terasa nyeri dan otot pada telinga akan turut terasa lebih rileks. Anda dapat mengompres telinga dengan air hangat bila telinga tersumbat karena mendengar suara keras, penumpukan kotoran, flu, atau infeksi pada telinga.

2. Menggunakan Ear Plugs

Jika anda sedang berada di tempat tinggi seperti mendaki gunung, sedang berada di perbukitan, atau berpergian menggunakan pesawat telinga dapat tersumbat. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan sumbat telinga atau ear plugs. Selain itu, anda juga dapat mengurangi rasa tak nyaman pada telinga dengan mengunyah permen karet.

3. Menggunakan Minyak Esensial

Selanjutnya, untuk mengatasi telinga tersumbat anda dapat menggunakan minyak esensial. Penggunaannya, dapat membantu menjaga kelembaban area telinga, sebab dalam The Hearing Journal mengatakan bahwa menjaga kelembaban telinga merupakan hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya, telinga kering akan dengan mudah mengalami infeksi, cara untuk menjaga kelembaban telinga sendiri tidaklah sulit. Anda dapat meneteskan minyak esensial atau baby oil ke dalam telinga, tips ini cocok dan efektif untuk mengatasi telinga tersumbat yang terjadi karena infeksi atau kotoran menumpuk.

4. Miringkan Kepala

Berikutnya, cara untuk mengatasi telinga tersumbat yaitu dengan memiringkan kepala. Cara ini dapat anda lakukan ketika mengalami telinga tersumbat, akibat kemasukan air. Cukup miringkan kepala pada sisi telinga yang tersumbat, memasukkan setetes air, lalu miringkan kembali kepala ke arah berlawanan untuk mengeluarkan air. Cara ini akan sangat membantu dan efektif, mengeluarkan air yang menyumbat telinga sebelumnya turut keluar. Adapun, anda juga dapat menggunakan pengering rambut untuk membantu mengeluarkan air yang terperangkap dalam telinga.

5. Mengkonsumsi Obat Dekongestan

Cara terakhir mengatasi telinga tersumbat yaitu, konsumsi obat dekongestan. Obat ini bekerja aktif mencegah pembengkakan di area selaput lendir, area inilah yang sering mengakibatkan telinga tersumbat dan membuat pembuluh darah menjadi lebih kecil. Meski begitu, konsumsi obat dekongestan sebagai salah satu cara mengatasi telinga tersumbat tidak dapat dilakukan sembarangan. Anda wajib mendapatkan resep dokter terlebih dahulu, untuk aturan pemakaian yang tepat sesuai dengan kondisi yang anda alami.

Itulah beberapa cara atasi telinga tersumbat yang dapat anda lakukan di rumah. Bila merasa tidak nyaman dan tersumbat terus-menerus, segera periksakan ke dokter guna mendapat penanganan yang tepat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru