Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Gempa Bumi M 5,3 di Maluku Dipicu Aktivitas Subduksi Laut Banda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gempa bumi magnitudo 5,3 yang melanda wilayah Maluku, pada Rabu 3 Mei 2023, menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) dipicu aktivitas subduksi Laut Banda.

Peristiwa gempa yang terjadi pada pukul 13.15 WIB itu, berada di laut pada kedalaman 93 km di koordinat 3,58 Lintang Selatan dan 128,74 Bujur Timur, sekira 40 km dari Maluku Tengah.

“Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dala. keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (3/5).

Daryono menambahkan, dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal).

Guncangan gempa dengan skala intensitas III Modified Mercally Intensity (MMI) terasa di daerah Saparua dan Kairatu. Getarannya dirasakan nyata di dalam rumah, terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian, di wilayah Ambon dan Masohi gucangan gempa dirasakan pada skala intensitas II MMI. Getarannya dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

BMKG menjelaskan, jika gempa M 5,3 ini tidak berpotensi tsunami. Usai gempa pertama, tidak ada lagi gempa bumi susulan yang terjadi hingga pukul 13.30 WIB.

Daryono mengimbau warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa serta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal tidak mengalami kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru