HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terdapat berbagai pilihan makanan pengganti nasi yang terbukti baik bagi kesehatan, tak hanya kaya akan karbohidrat. Beberapa jenis makanan ini juga mengandung beragam nutrisi lain yang baik bagi kesehatan.

Meski nasi sudah menjadi makanan pokok sehari-hari bagi masyarakat Indonesia, anda perlu mengetahui beberapa jenis makanan lainnya yang juga dapat menggantikan nasi dan terbukti sehat. Simak penjelasan berikut ini, seperti dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Senin (1/5).

1. Kentang
Kentang terbukti kaya akan karbohidrat, selain itu kentang juga memiliki banyak nutrisi penting dan baik bagi tubuh. Mulai dari serat, protein, folat, vitamin B6, vitamin C, kalium, omega-3, omega-6, dan zat besi. Tak hanya itu, kentang juga dikenal sebagai sumber serat yang baik, hal inilah yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama serta menekan nafsu makan. Sehingga, berdampak baik untuk mengontrol berat badan.

2. Jagung
Jagung bukanlah suatu makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia, hal ini karena jagung sudah menjadi santapan sehari-hari masyarakat secara turun-temurun. Terdapat 86 kalori dalam 100 gram biji jagung, dan berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, serta vitamin B9 atau folat yang menjadikan jagung sebagai pengganti nasi yang juga sehat bagi tubuh. Tak hanya itu, jagung juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C yang penting bagi tubuh. Oleh sebab itu, kandungan serat pada jagung diketahui bahkan lebih baik daripada nasi, serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Ubi Jalar
Berikutnya, ada ubi jalar yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Ubi jalar dapat diolah dengan beragam metode, baik digoreng, direbus, dikukus, dan dicampur dengan bahan makanan lainnya. Makanan ini termasuk dalam jenis makanan yang kaya akan beta karoten, selain itu terdapat juga vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan serat tinggi di dalamnya. Berkat kandungan nutrisi tersebut, ubi jalar dapat membantu kurangi kolesterol jahat (LDL), menjaga kesehatan usus, meningkatkan fungsi otak dan penglihatan, dan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

4. Singkong
Tanaman singkong merupakan salah satu jenis makanan pengganti nasi yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Mengandung banyak nutrisi, singkong tak kalah penting dari nasi dan baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi seperti serat, protein, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, selenium, dan zat besi terdapat di dalam singkong. Bahkan, pengganti nasi yang satu ini juga dipercaya mampu mengobati dehidrasi, kelelahan, dan sepsis atau infeksi darah, namun masih memerlukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya. Meski banyak manfaat bagi kesehatan, perlu diingat singkong juga mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat berubah menjadi sianida dalam tubuh, itu sebabnya sebelum mengkonsumsinya pastikan agar dibersihkan dengan benar dan dimasak hingga matang, guna mencegah keracunan sianida.

Mengkonsumsi makanan pengganti nasi dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan, itulah beberapa jenis makanan yang dapat kami jabarkan sebagai pengganti nasi.