Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ini Manfaat Konsumsi Buah Nanas bagi Kolesterol, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tak hanya lezat dikonsumsi, nanas memiliki ragam manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Manfaat-manfaat seperti menjaga kadar kolesterol, menyehatkan jantung, hingga turunkan kadar trigliserida. Hal ini karena, buah nanas mengandung senyawa bromelain yang dapat memecah endapan kolesterol di arteri.

Sehingga, mendukung aliran darah menjadi sehat dan mengurangi resiko penyakit jantung. Kolesterol tidak selalu jahat, justru adanya kolesterol diperlukan untuk membangun struktur membran sel, membuat hormon seperti hormon estrogen, testosteron, dan adrenalin, serta membantu metabolisme bekerja efisien.

Namun, bila terlalu banyak kolesterol dalam tubuh juga berbahaya bagi kesehatan. Maka, simak penjelasan berikut ini agar mengetahui manfaat rutin konsumsi buah nanas bagi kolesterol dalam tubuh, seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Senin (1/5).

1. Menyehatkan Jantung
Konsumsi buah nanas dapat menyehatkan jantung, hal ini karena nanas merupakan sumber nutrisi yang sangat baik mendukung kesehatan jantung. Buah nanas merupakan makanan yang larut dan kaya serat, sehingga membantu menjaga kadar gula darah serta menurunkan kolesterol berlebih. Oleh sebab itu, serat larut dalam nanas sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau yang disebut juga sebagai kolesterol jahat.

2. Mencegah Lemak Berlebih
Kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang penting bagi tubuh serta kandungan bromelain dalam buah nanas membuatnya menjadi buah pilihan terbaik yang dapat membantu cegah protein dan lemak berlebih dalam darah. Pasalnya, bila kandungan lemak berlebih dalam darah dapat meningkatkan resiko penyumbatan yang memicu penyakit kardiovaskular, maka baik untuk mengkonsumsi nanas secara rutin.

3. Mengurangi Peningkatan Berat Badan
Perlu diketahui bahwa nyatanya, buah nanas juga memiliki manfaat yang berkaitan dengan berat badan. Pasalnya, peningkatan berat badan juga dapat dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, konsumsi nanas secara rutin dapat mengurangi kenaikan berat badan, profil lipid serum, koefisien aterogenik, rasio resiko jantung, serta aktivitas enzim hati yang baik bagi kesehatan dan manajemen badan. Tak hanya itu, konsumsi nanas juga dapat mengembalikan kandungan protein karbonil dan mengurangi malondialdehid jantung.

4. Menurunkan Trigliserida
Pola makan buah-buahan termasuk nanas dan sayuran, sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, trigliserida sangat dipengaruhi oleh gula dalam makanan dan buah fruktosa, sehingga bila nada ingin menurunkan kolesterol dengan cara konsumsi nanas, disarankan untuk mengkonsumsinya dalam bentuk buah utuh dan bukan jus.

5. Menurunkan Resiko Hiperkolesterolemia
Aktivitas antioksidan dan penurun kolesterol dalam nanas, dapat menurunkan resiko penyakit hiperkolesterolemia yaitu penyakit pembuluh darah dan perlemakan hati. Hal ini karena, senyawa pada buah nanas dapat mengurangi kadar kolesterol di hati dan trigliserida.

Itulah beberapa manfaat buah nanas bagi kolesterol dalam tubuh anda, rutin konsumsi nanas tentunya akan membawa dampak baik bagi kolesterol.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru