Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Intip Obat Alami Asam Lambung saat Naik Ogah Turun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bila memang ingin mencoba obat alami guna meredakan asam lambung naik, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter. Asam lambung atau GERD merupakan kondisi yang perlu penanganan ketika kambuh, karena dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan lainnya. Mulai dari mulut terasa asam, kembung, dada seperti terbakar, mual, bahkan nyeri ulu hati.

Biasanya, pengidap asam lambung akan mengkonsumsi obat kimiawi jika gejalanya kambuh. Namun, diyakini kondisi ini tak harus selalu mengkonsumsi obat-obatan kimiawi, pasalnya ada beberapa obat alami yang dapat digunakan untuk meredakan asam lambung naik. Simak penjelasannya, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resi Halodoc, Minggu (30/4).

1. Madu
Sebuah studi berjudul “Honey A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis” membuktikan bahwa madu diketahui dapat meningkatkan lendir dan mempercepat penyembuhan, yang dapat membantu mengobati refluks dan kerusakan esofagus. Itu sebabnya, mengapa madu termasuk dalam obat alami, yang dapat membantu asam lambung naik.

2. Sereh
Perlu diketahui, jahe selain merupakan bumbu dapur dan kerap dijadikan sebagai bahan jamu tradisional. Rempah yang satu ini juga diyakini dapat membantu meredakan asam lambung, pasalnya terdapat kandungan antioksidan, vitamin C, A, Zat besi, magnesium, selenium, dan seng, dalam sereh. Kandungan-kandungan baik inilah, yang dipercaya dapat membantu redakan asam lambung naik.

3. Jahe
Bahan alami pereda asam lambung naik yang terakhir yaitu, jahe. Hal ini karena, selain meredakan asam lambung, jahe juga dapat menghilangkan rasa mual. Bila telah melakukan konsultasi dengan dokter dan dinyatakan aman, anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan jahe parut atau potong dadu ke resep makanan favorit anda. Selain itu, anda juga dapat membuat teh jahe guna meredakan asam lambung yang naik. Caranya, rendam akar jahe mentah, akar jahe kering, atau kantong teh jahe dalam air mendidih, perlu diingat pastikan untuk mengkonsumsi jahe dalam jumlah sesuai, pasalnya bila dikonsumsi dalam dosis besar dapat sebabkan mulas atau masalah lainnya.

Tak hanya beberapa bahan alami sebelumnya yang dipercaya mampu atasi asam lambung naik, anda juga dapat menerapkan cara sehat agar terhindar dari asam lambung naik. Salah satunya yaitu berhenti merokok, sebab kebiasaan ini dapat merangsang perut memproduksi cairan asam lambung lebih banyak dibanding biasanya. Itulah beberapa cara alami pereda asam lambung naik yang dapat kami jabarkan, praktekkan sesuai dengan arahan agar terhindar dari penyakit asam lambung naik yang lebih parah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru