Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ternyata 5 Makanan Ini dapat Tingkatkan Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jantung merupakan organ vital yang bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Melalui aliran darah, jantung menyalurkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Maka, sangat penting untuk menjaga kesehatannya karena fungsi jantung bagi kelangsungan hidup.

Salah satu kunci utama kesehatan jantung adalah pola makan yang sehat, oleh sebab itu penting untuk mengetahui makanan dengan kandungan vitamin dan mineral yang terbukti baik bagi jantung. Simak penjelasan berikut ini, seperti telah dikutip Holopis.com, Senin (24/4).

1. Minyak Ikan dan Ikan Berlemak
Salmon, mackerel, sarden, dan tuna merupakan ikan yang sarat akan asam lemak omega-3. Maka, bila anda masih memperoleh sumber lemak hewani, mulailah untuk mengganti dengan lemak sehat yang berasal dari ikan. Terbukti, kandungan yang satu ini memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 dari ikan berlemak memiliki peran protektif dalam resiko penyakit jantung, serta mengurangi resiko aritmia. Kandungan minyak sehat ini mampu mengelola kadar kolesterol,trigliserida darah, gula darah puasa, hingga tekanan darah sistolik agar tetap stabil. Selain konsumsi ikan, anda juga tetap dapat manfaat ini dengan konsumsi suplemen ikan, khasiatnya akan tetap sama serta mampu tingkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.

2. Alpukat
Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung lemak baik, selain itu buah ini juga memiliki sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung. Adapun, alpukat sering dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung yang lebih rendah. Tak hanya itu, buah yang satu ini juga memiliki efek penurunan lipid atau lemak dan kardioprotektif, yang mampu memproteksi sistem kardiovaskular termasuk jantung. Kandungan kaya potasium, nutrisi penting bagi kesehatan jantung juga terdapat dalam alpukat.

3. Buah Beri
Stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry merupakan beri-berian yang ternyata kaya akan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan dalam buah-buahan ini kaya akan antioksidan seperti antosianin, yang mampu melindungi stres oksidatif serta peradangan dalam tubuh. Tak hanya itu, studi menunjukkan banyak mengkonsumsi beri-berian dapat membantu turunkan risiko penyakit jantung. Anda dapat menambahkan beberapa jenis buah-buahan ini sebagai camilan maupun makanan penutup yang rendah kalori serta lezat, dan memiliki khasiat bagi kesehatan.

4. Biji-Bijian Utuh
Biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, sumber karbohidrat kompleks ini bersifat protektif atau melindungi jantung dari kerusakan. Jadi, anda mungkin perlu beralih ke biji-bijian utuh agar kesehatan jantung tetap terjaga.

5.Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau, dikenal sebagai sumber vitamin K terbaik yaitu jenis vitamin yang mampu melindungi arteri serta mengoptimalkan proses pembekuan darah. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga mengandung nitrat yang tinggi, yang diketahui senyawa ini mampu mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, serta meningkatkan fungsi sel melapisi pembuluh darah.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, konsumsilah seperti yang telah kami jabarkan agar kesehatan jantung anda tetap terjaga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru