HOLOPIS.COM, JAKARTA – Liverpool mampu mempertahankan kekonsistenannya dengan terhindar dari kekalahan, usai mampu menaklukkan Nottingham Forest 3-2. Manajer The Reds, Jurgen Klopp menilai bahwa capaian itu didapat karena pertahanan timnya semakin solid saat ini.

Sebelumnya diketahui, bahwa Liverpool sempat mengalami pasang surut performa di Liga Inggris musim ini. Meski tak terlalu baik, namun The Reds perlahan mampu menunjukan kualitasnya sebagai tim besar dan kembali ke papan atas.

Terbukti, kemenangan 3-2 atas Nottingham Forest, Sabtu (22/4), jadi perjalanan positif selanjutnya untuk Liverpool, setelah menang besar atas Leeds United 6-1 di Liga Inggris pekan kemarin.

Sebelumnya, Liverpool juga mampu menahan imbang dua laga super big match, yakni 0-0 kontra Chelsea dan 2-2 melawan Arsenal.

Klopp kemudian menilai pasca laga kontra Nottingham, bahwa skuadnya mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, terutama dalam hal pertahanan tim.

“Beberapa hal berubah. Sekarang aneh mengatakannya setelah pertandingan seperti ini (red-Nottingham), karena kami tidak harus banyak bertahan, tetapi perbedaan utama antara Leeds dan semua pertandingan lainnya adalah cara kami bertahan,” ungkap Klopp, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Liverpool, Minggu (23/4).

“Itu jauh lebih baik. Jadi, berorientasi pada bola, sangat kompak dan itu tidak berarti hanya garis tinggi, itu berarti benar-benar bergerak ke sisi bola, memberi kami pilihan,” sambungnya.

“Hari ini saya benar-benar melihat banyak momen counter-pressing yang top, saya suka itu, dan itu bagi kami sangat penting, itu berubah. Saya pikir kita jauh lebih jelas lagi dari sisi pertahanan itu,” tambahnya.

Lanjutnya, Klopp menjelaskan bahwa pertahanan Liverpool ini masih harus dibuktikan saat melawan West Ham United di Liga Inggris pekan depan.

“Tetapi, rasanya setidaknya bagi kami itu ada perubahan,” ujarnya.

“Jika anda solid dan tidak hanya solid tetapi juga sangat bagus dan agresif serta positif dalam bertahan, maka anda dapat mengembangkannya, bagi saya rasanya seperti itu,” sambungnya.

Sebagai informasi, Liverpool sempat tersok-seok performanya di awal hingga pertengahan musim kemarin.

Bahkan, momentum kebangkitan Liverpool ketika menang 7-0 atas Manchester United seolah pudar setelahnya, dimana pasca pesta gol tersebut The Reds langsung mengalami tiga kekalahan secara beruntun.