HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kaki melakukan begitu banyak pekerjaan setiap harinya, baik itu berjalan-jalan, berdiri dalam waktu yang lama, atau bahkan berolahraga. Hal inilah yang menyebabkan kemungkinan pegal, namun tak perlu khawatir ada banyak cara meredakan kaki pegal dan lelah dengan mudah.

Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui semua tips meredakan kaki pegal dan lelah. Seperti yang telah dirangkum Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Minggu (23/4).

1. Pijat Kaki
Untuk meredakan nyeri serta pegal pada kaki langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah memijat kaki sendiri, hal ini bertujuan meningkatkan sirkulasi darah. Usahakan untuk mencari posisi duduk di kursi yang nyaman, kemudian gosok serta pijat kaki bagian bawah, lalu tarik dan tekuk jari-jari kaki untuk memijatnya. Gunakan minyak maupun lotion, agar membantu melumasi kulit sehingga lebih mudah untuk memijat kaki.

2. Rendam Kaki dengan Air Hangat
Rendam kaki menggunakan air hangat, merupakan salah satu cara atasi kaki pegal yang paling mudah anda lakukan. Anda juga dapat menambahkan garam epsom, yang berfungsi meredakan nyeri otot serta kurangi pembengkakan di kaki. Caranya, tambahkan satu cangkir garam epsom dalam bak rendaman air hangat, rendam kaki dengan campuran ini selama dua puluh menit untuk meredakan pegal.

3. Kompres dengan Es
Selanjutnya, cara menghilangkan rasa nyeri dan pegal pada kaki yaitu mengompresnya dengan es. Hal ini bertujuan mengurangi peradangan yang menyebabkan pegal, oleskan es pada kaki yang sakit menggunakan kantok plastik. Lakukan pengompresan pada area yang sakit, selama 5 sampai 15 menit beberapa kali dalam sehari guna mengurangi peradangan.

4. Konsumsi Obat Pereda Nyeri
Untuk meredakan nyeri dan pegal pada kaki, ada beberapa obat bebas yang dapat anda coba. Diantaranya yaitu, acetaminophen yang dapat atasi rasa sakit, sementara anti peradangan non steroid, seperti ibuprofen dan naproxen sodium, dapat menargetkan rasa sakit serta peradangan. Anda mungkin perlu meminum obat-obatan yang telah kami sebutkan sebelumnya selama beberapa minggu, agar benar-benar redakan radang kaki yang sudah berlangsung lama.

5. Gunakan Obat Pereda Nyeri Oles
Selain konsumsi obat pereda nyeri dan pegal, anda juga bisa menggunakan obat oles untuk redakan pegal dan nyeri pada kaki. Beberapa produk yang dijual bebas menawarkan sensasi dingin serta menghilangkan sakit. Obat-obatan oles tersebut mengandung bahan-bahan seperti mentol, kayu putih, ataupun semacamnya.

Selain tips-tips yang telah kami jabarkan sebelumnya, anda juga dapat melakukan peregangan ataupun mengganti sepatu yang lebih cocok dan nyaman di kaki. Hal ini bertujuan agar, terhindar dari nyeri dan pegal otot kaki.