Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tips Jitu Bersihkan Sofa dari Noda Bandel Setelah Lebaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lebaran sudah lewat, namun masih banyak kenangan yang tertinggal di dalam rumah, Terutama pada sofa. Banyak makanan dan minuman yang tumpah dan meninggalkan noda di sofa.

Untuk menjaga kebersihan sofa, sebaiknya noda-noda tersebut segera dihilangkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda pada sofa.

Jenis-jenis noda pada sofa

Sebelum mencari cara untuk menghilangkan noda, kita perlu mengetahui jenis-jenis noda yang umum terdapat pada sofa, seperti noda makanan, minuman, tinta, dan lainnya.

Noda makanan biasanya lebih mudah dihilangkan, sedangkan noda minuman lebih sulit karena zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat meresap ke dalam serat sofa dan membuat noda semakin sulit dihilangkan.

Tips menghilangkan noda pada sofa

1. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Sofa

Ada banyak cairan pembersih khusus sofa yang dijual di toko-toko perabotan rumah tangga. Namun sebelum membeli, pastikan cairan tersebut cocok untuk jenis sofa Anda.

Setelahnya, Sobat Holopis bisa mengikuti petunjuk penggunaannya dan pastikan menggunakan cairan tersebut dengan benar untuk menghindari kerusakan pada sofa.

2. Menggunakan Air Soda untuk Menghilangkan Noda pada Sofa

Air soda dapat membantu menghilangkan noda pada sofa. Caranya, campurkan satu sendok makan air soda dengan satu cangkir air, lalu tuangkan campuran tersebut ke noda pada sofa. Diamkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan lap yang lembab.

3. Menggunakan cuka dan baking soda

Campuran cuka dan baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada sofa.

Caranya, campurkan satu sendok makan cuka dengan satu sendok makan baking soda, lalu oleskan campuran tersebut ke noda pada sofa. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan lap yang lembab.

4. Menggunakan air sabun

Air sabun merupakan solusi pembersih yang mudah didapatkan dan dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada sofa.

Caranya, campurkan air hangat dengan sedikit sabun cuci piring, lalu oleskan campuran tersebut ke noda pada sofa. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan lap yang lembab.

Pencegahan noda pada sofa

Selain menghilangkan noda pada sofa, sebaiknya juga melakukan pencegahan agar noda tidak terbentuk di sofa. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinya noda pada sofa :

1. Menggunakan Sarung Sofa atau Perlindungan Sofa

Sarung sofa atau perlindungan sofa dapat membantu melindungi sofa dari noda yang mungkin terbentuk. Pilihlah sarung sofa atau perlindungan sofa yang sesuai dengan ukuran sofa Anda.

2. Menjauhkan makanan dan minuman dari sofa

Jangan meletakkan makanan dan minuman di dekat sofa, terutama jika makanan atau minuman tersebut mudah tumpah atau berserpih.

Jika memang harus mengonsumsi makanan atau minuman di dekat sofa, pastikan untuk menjaga kehati-hatian agar tidak tumpah atau berserpih.

3. Membersihkan noda segera 

Jika terjadi tumpahan atau berserpih, segera bersihkan noda tersebut sebelum menempel pada sofa. Semakin cepat noda dibersihkan, semakin besar kemungkinan untuk menghilangkan noda secara sempurna.

4. Rutin membersihkan sofa secara berkala

Membersihkan sofa secara berkala juga dapat membantu mencegah terjadinya noda pada sofa. Gunakan vakum untuk membersihkan debu dan kotoran dari sofa, dan jangan lupa untuk membersihkan setiap sudut sofa.

Perlu diketahui Sobat Holopis, menjaga kebersihan sofa adalah hal yang penting untuk kenyamanan dan kesehatan keluarga, karena setelah lebaran, banyak makanan dan minuman yang tumpah dan meninggalkan noda di sofa, sehingga perlu dihilangkan agar sofa tetap bersih dan nyaman digunakan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru