Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ternyata Stres Picu Keringat Berlebih di Tangan dan Kaki, Begini Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tahukah Sobat Holopis bahwa stres dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keringat berlebih yang sering terjadi pada tangan dan kaki?.

Pada artikel ini, Holopis.com akan membahas terkait hal tersebut. Namun sebelum itu, ada baiknya bagi Sobat untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu stres.

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi American Psychological Association, stres merupakan respons tubuh terhadap suatu tekanan atau tantangan yang diterima oleh tubuh itu sendiri.

Stres dapat terjadi karena berbagai faktor seperti pekerjaan, kehidupan pribadi, atau masalah kesehatan. Stres juga dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan dapat menyebabkan gejala fisik dan psikologis.

Bagaimana stres memicu keringat berlebih di tangan dan kaki?

Stres memicu respons sistem saraf otonom yang mengatur fungsi tubuh seperti denyut jantung, tekanan darah, dan kelenjar keringat. Saat seseorang mengalami stres, kelenjar keringat di tangan dan kaki akan memproduksi lebih banyak keringat dari biasanya.

Adapun produksi keringat yang berlebih ketika stres disebabkan oleh pelepasan neurotransmitter dan hormon tres, seperti norepinefrin dan kortisol, yang merangsang kelenjar keringat untuk memproduksi lebih banyak keringat.

Perlu Sobat Holopis ketahui, tingkat keringat saat stres dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jenis kelamin, usia, kondisi medis lainnya, dan pola hidup. Pria cenderung mengalami keringat berlebih lebih sering dibandingkan wanita.

Selain itu, orang yang lebih tua juga cenderung mengalami keringat berlebih dan lebih sering. Kondisi medis seperti hipertiroidisme, diabetes, dan obesitas juga dapat mempengaruhi tingkat keringat.

Tak cuma itu, pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, dan tidak berolahraga, juga dapat memperburuk keringat berlebih.

Dampak kesehatan dari keringat berlebih di tangan dan kaki akibat stres

Keringat berlebih di tangan dan kaki akibat stres dapat menyebabkan berbagai dampak kesehatan, seperti gangguan psikologis, gangguan sosial, dan dampak pada kualitas hidup.

Seseorang yang mengalami keringat berlebih di tangan dan kaki dapat merasa cemas atau depresi karena merasa malu dan tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Keringat berlebih juga dapat mengganggu aktivitas sosial dan pekerjaan sehari-hari.

Cara mengatasi keringat berlebih di tangan dan kaki akibat stres

Mengelola stres adalah kunci untuk mengatasi keringat berlebih di tangan dan kaki akibat stres. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam, olahraga teratur seperti berjalan kaki atau jogging, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, dan menghindari stimulan seperti kafein dan alkohol.

Selain itu, konsultasi dengan dokter juga penting untuk menentukan apakah keringat berlebih di tangan dan kaki akibat stres disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti hipertiroidisme atau diabetes.

Nantinya, dokter akan memberikan saran dan pengobatan yang sesuai untuk mengatasi masalah keringat berlebih yang Sobat Holopis alami.

Nah itulah penjelasan mengenai stres yang ternyata dapat memicu keringat berlebih pada tangan dan kaki. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Holopis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru