HOLOPIS.COM, JAKARTA – Biji gandum kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, dimana gandum sendiri memiliki kandungan utama karbohidrat.

Sselain itu, gandum juga mengandung protein dan serat yang cukup tinggi. Setidaknya, dalam 100 gram biji gandum terdapat 300 kalori, 72 gram karbohidrat, 13 gram protein, 10 gram serat, serta 2 gram lemak.

Berikut ini manfaat biji gandum yang baik untuk kesehatan tubuh :

1. Cegah Kanker Usus Besar

Biji gandum memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga berpotensi menurunkan risiko kanker.

Selain kaya serat, terdapat fitonutrien dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

2. Jaga Kesehatan usus

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa komponen pada biji gandum berfungsi sebagai prebiotik sehingga dapat memberi makan beberapa bakteri baik dalam usus.

Kemudian, konstipasi yang disebabkan oleh kurangnya asupan serat pada anak atau orang dewasa juga dapat dibantu dengan mengonsumsi biji gandum.

3. Cegah Batu Empedu

Penyakit batu empedu bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat tidak larut seperti roti hingga sereal yang terbuat dari gandum utuh.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat tidak laur, maka memilki risiko 17 persen lebih rendah terkena batu empedu.

Sebab, serat tidak larut tak hanya bisa mempercepat waktu pergerakan makanan melalui usus, namun juga mengurasi sekresi asam empedu yang jika berlebihan dapat memicu pembentukan batu empedu, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan lemak darah atau trigliserida.

Selain itu, sejatinya masih banyak lagi manfaat dari biji gandum, seperti menurunkan kolestrol, menurunkan diabetes dan lain sebagainya.