BerandaNewsRagamGempa Bumi Terjadi di Laut Banda M 6,4 Hari Ini

Gempa Bumi Terjadi di Laut Banda M 6,4 Hari Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gempa bumi melanda wilayah Laut Banda, Kepulauan Maluku di hari pertama Lebaran, Pada Sabtu 22 April 2023 pukul 15.23 WIB.

Menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), gempa bumi bermagnitudo 6,4 dengan koordinat 5,28 lintang selatan dan 125,64 bujur timur.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 227 km Timur Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada kedalaman 32 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, gempa yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Laut Banda.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Laut Banda,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Sabtu (22/4).

Guncangan gempa dirasakan di beberapa wilayah, seperti daerah Wakatobi dengan skala intensitas III-IV MMI (Modified Mercally Intensity), artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Gempa juga terasa di daerah Buru Selatan dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Daryono mengimbau kepada masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Polri Gelar Khataman Alquran 78 Kali di HUT Bhayangkara 2024

Divisi Humas Mabes Polri menyelenggarakan kegiatan rohani dengan Khataman Al-Quran sebanyak 78 kali untuk mengisi HUT ke 78 Tahun Polri.

4 Cara Mengumpulkan Semangat untuk Menyambut Hari Sibuk Setelah Weekend

Hari Senin sering kali dianggap sebagai awal minggu yang penuh tantangan setelah akhir pekan yang menyenangkan. Namun, dengan beberapa langkah sederhana.

4 Tips Foundation Tahan Lama Anti Badai!

Foundation merupakan langkah awal dalam merias wajah yang dapat menciptakan dasar yang sempurna untuk makeup.

4 Tips Memutihkan Gigi dengan Cara Alami

Memiliki gigi putih bersih adalah impian banyak orang, karena gigi yang putih tidak hanya menambah kepercayaan diri tetapi juga mencerminkan kesehatan mulut yang baik.

Jokowi Ajak Prabowo Saksikan Defile di HUT ke-78 Bhayangkara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto untuk menyaksikan penampilan defile pasukan upacara HUT ke-78 Bhayangkara.

Dompet Dhuafa Groundbreaking Masjid di Long Xuyen Vietnam

Menjelang milad ke 31 Dompet Dhuafa kembali menjalankan misi kemanusiaan. Kali ini adalah menuju Kota Long Xuyen, Provinsi An Giang, Vietnam dalam rangka pembangunan masjid untuk masyarakat muslim minoritas di sana.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS