BerandaNewsEkobizKemnaker Dinilai Belum Mampu Cegah Pelangaran THR

Kemnaker Dinilai Belum Mampu Cegah Pelangaran THR

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI sampai saat ini dinilai masih belum mampu mencegah perusahaan dalam melakukan pelanggaran Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pekerja. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago.

Irma menjelaskan, bahwa penilaiannya itu berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang menunjukkan masih banyaknya aduan THR. Tercatat, selama periode 28 Maret sampai 15 April 2023, terdapat 938 aduan THR yang mencakup 669 perusahaan.

Secara rinci, 938 aduan tersebut terdiri atas 468 aduan THR tidak dibayarkan, 337 aduan pembayaran THR tidak sesuai ketentuan, dan 93 aduan THR terlambat dibayarkan. Dari 938 aduan tersebut, 23 di antaranya telah ditindaklanjuti.

“Saya menilai, dari data yang disampaikan Kemnaker ini, ternyata kasus pelanggaran THR saat ini masih banyak terjadi,” kata Irma dalam keteranganya yang dikutip Holopis.com, Kamis (20/4).

Penerbit Iklan Google Adsense

Menurut Irma, pelanggaran THR ini timbul selain karena kenakalan perusahaan, juga karena Kemnaker dan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) di daerah-daerah belum mampu melakukan upaya pencegahan atas persoalan pelanggaran THR yang selalu terjadi setiap tahun.

“Alhasil, kasus ini muncul lagi tahun ini dan belum dapat diselesaikan dengan baik,” katanya.

Irma pun menduga, sebanyak 669 perusahaan yang melakukan pelanggaran THR di tahun ini, juga melakukan hal yang sama di tahun-tahun sebelumnya.

“Pastinya juga pihak Kemnaker dan Disnaker sudah memiliki data perusahaan yang melakukan pelanggaran THR tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Politisi dari Fraksi NasDem ini lantas menyoroti jumlah aduan THR yang telah ditindaklanjuti oleh pihak Kemnaker dan DIsnaker, dimana jumlahnya baru 23 aduan.

“Ini kan artinya hanya 2,4 persen kasus yang ditindaklanjuti. Ini pun masih belum ada kepastian, apakah 2,4 persen kasus yang tindaklanjuti berarti sudah selesai dengan dibayarkannya THR atau memang masih proses penanganan,” tukasnya.

Irma pun berharap agar Kemnaker dan Disnaker ke depan lebih bersungguh-sungguh dalam bekerja untuk memastikan regulasi tentang THR berjalan dengan baik.

“Tingkatkan kualitas penanganan kasus pelanggaran THR dengan pendekatan pencegahan dengan memanfaatkan kasus-kasus di tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS