Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Apa Itu Autoimun Lupus, Penyakit yang Diderita Isyana Sarasvati

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Isyana Sarasvati baru saja mengumumkan di akun Instagramnya bahwa ia mengidap penyakit autoimun lupus. Penyakit itu membuatnya harus bulak balik ke rumah sakit untuk menerima perawatan.

Lupus sudah tidak asing lagi terdengar masyarakat diderita oleh seorang figur publik.
Seperti Selena Gomez, aktris Hollywood serta penyanyi yang secara terkenal mengidap penyakit Lupus hingga membuatnya harus melakukan transplantasi ginjal. Sebenarnya apa itu Autoimjun SLE/lupus yang diderita oleh Isyana serta Selena Gomez?

Dikutip Holopis.com dari laman kemkes.go.id, Kamis (20/4), Lupus atau Systemic Lupus Erythematosus adalah penyakit autoimun reumatik yang bersifat sistemik.

Ini adalah penyakit yang disebabkan gangguan sistem pertahanan tubuh karena imun yang tak berfungsi normal sehingga menyerang sel-sel tubuhnya sendiri.

Penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit seribu wajah, karena biasanya antara pasien lupus memiliki menifestasi klinis yang berbeda dan bisa menyerupai penyakit lain.

Intinya, penyakit autoimun adalah penyakit di mana tubuh tidak bisa membedakan dirinya sendiri dan jaringan lain. Sehingga bisa menyebabkan proses peradangan dan kerusakan jaringan.

Ini dia persentase usia dan jenis kelamin penderita Lupus :

  • 80% mengenai usia 15- 45 tahun
  • 80 – 92% berupa SLE : terutama mengenai wanita
  • 70 – 80% berupa Lupus Diskoid : terutama mengenai wanita

50 – 50% berupa Lupus terinduksi Obat/Drug induced lupus : pria = wanita: Merupakan jenis penyakit Lupus yang dicetuskan oleh beberapa jenis obat tertentu.

Jaga kesehatan terus ya, Sobat Holopis!

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru