BerandaNewsKesehatan5 Cara Cepat dan Efektif Atasi Hidung Tersumbat

5 Cara Cepat dan Efektif Atasi Hidung Tersumbat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hidung tersumbat akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Penyebabnya sendiri yaitu mulai dari pilek, sinus, alergi, dan sebagainya. Akibatnya, anda kesulitan bernapas, tidur tak nyaman, hingga kehilangan sensitivitas penciuman hidung.

Maka, penting untuk mengetahui bagaimana cara penanganannya dengan cepat dan efektif. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui cara cepat dan efektif atasi hidung tersumbat, seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Kamis (20/4).

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi
Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif salah satunya yaitu, berjemur di bawah matahari pagi hari. Anda dapat melakukannya dengan duduk di bawah matahari pagi setidaknya antara pukul 7 sampai 9, agar mendapatkan manfaat sinar matahari pagi yang sehat. Tak hanya dapat menambah imunitas tubuh, berjemur di terik matahari pagi juga baik untuk sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh dapat membuang racun serta mempercepat proses penyembuhan.

2. Tetap Terhidrasi
Penting untuk tetap menjaga asupan cairan tubuh, supaya tidak kehilangan cairan tubuh yang dapat membuat kondisi tubuh menjadi semakin buruk. Pasalnya, tubuh yang terhidrasi atau tercukupi cairan tubuh dapat mengatasi hidung tersumbat. Jadi, selalu usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup ketika hidung tersumbat, agar membantu proses penyembuhan.

Penerbit Iklan Google Adsense

3. Minum Air Jahe Hangat
Berikutnya, untuk mengatasi hidung tersumbat secara cepat dan efektif anda dapat minum air jahe hangat. Tak hanya membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, konsumsi jahe hangat juga dapat membuat tubuh anda jauh lebih fit dan sehat.

4. Menggunakan Minyak Angin
Pengobatan alami yang satu ini sudah sangat sering digunakan serta diandalkan dalam mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Cukup gosokkan minyak kayu putih atau balsem pada area dada, leher, maupun hidung. Hal ini bertujuan agar, aroma terapi dari minyak angin dapat melancarkan dan menghangatkan hidung tersumbat.

5. Menghirup Uap Panas
Cara mengatasi hidung tersumbat dengan efektif dan cepat berikutnya yaitu menghirup uap panas. Anda dapat merebus air panas hingga mendidih, lalu letakkan dalam wadah atau ember, kemudian duduk menghadap baskom tersebut agar uap air panas tersebut mengenai wajah anda. Usahakan untuk tutupi kepala dengan handuk, dan bernapas di antara uap tersebut, hal ini dipercaya dapat menuntaskan hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Itulah beberapa cara cepat dan efektif atasi hidung tersumbat, sangat mudah melakukan langkah-langkah yang telah kami jabarkan tersebut. Lakukanlah seperti yang telah dijelaskan, agar bisa menyembuhkan hidung tersumbat dengan maksimal.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS