Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ingat! Besok Ada Fenomena Gerhana Matahari Hibrida

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Fenomena gerhana matahari hibrida dikabarkan bakal terjadi pada Kamis (20/4). Beruntungnya, fenomena spesial yang jarang terjadi itu akan terlihat di sejumlah wilayah Indonesia.

“Pada tahun 2023, tepatnya hari Kamis 20 April, Indonesia akan kembali dilewati oleh Gerhana Matahari Hibrida,” kata Peneliti Ahli Madya di Pusat Riset Antariksa BRIN, Johan Muhammad dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (19/4).

Sebagai informasi Sobat Holopis, gerhana jenis ini tergolong unik karena sebagian wilayah yang dilalui jalur gerhana akan mengalami gerhana Matahari total dan sebagian wilayah lainnya mengalami gerhana Matahari cincin.

“Gerhana Matahari Hibrida merupakan gerhana yang sangat spesial karena jarang terjadi,” tutur Johan.

Adapun sebagian lintasan Gerhana Matahari Total di tahun 2023 ini akan melewati wilayah lautan seperti Laut Timor dan Laut Banda. Sementara wilayah daratan adalah sebagian Timor Leste dan beberapa daerah di Papua Barat.

“Gerhana Matahari total akan teramati khususnya di wilayah Indonesia bagian timur yang terbilang singkat kurang lebih 1 menit,” jelasnya.

Sementara untuk gerhana matahari cincin akan teramati di wilayah selatan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Lebih lanjut, Johan mengingatkan masyarakat untuk tidak mengamati gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang, tanpa menggunakan filter khusus Matahari.

“Alat yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana Matahari adalah teleskop yang dilengkapi filter Matahari, kacamata khusus gerhana Matahari, kamera DSLR lensa telephoto yang dilengkapi filter Matahari dan kamera pinhole (lubang jarum),” pesannya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru