Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Beberapa Adab Do’a Agar Didengar Allah SWT

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berdo’a merupakan salah satu cara umat muslim untuk merasa semakin dekat dengan penciptanya. Meskipun bisa dilakukan kapan saja, memanjatkan Do’a kepad Allah SWT juga memiliki adab-adab agar semakin didengarkan oleh Tuhan yang Mah kuasa.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa do’a adalah sesuatu yang mulia.

سَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ، فَإِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ أَنْ يُسْأَلَ

Mintalah kepada Allah, karena Dia suka diminta. Ibadah yang terbaik adalah menunggu saat salat wajib tiba. (HR Tirmidzi)

Berikut adab-adab dalam berdo’a agar didengarkan oleh Allah SWT.

Berdo’a ke Arah Kiblat

Imam Al Ghazali memberikan saran kepada umat muslim agar berdo’a menghadap ke arah kiblat.

وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاِنَّهٗ لَلْحَقُّ مِنْ رَّبِّكَ ۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ – ١٤٩

Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidil haram, sesungguhnya itu benar-benar ketentuan dari Tuhanmu. Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.

Memiliri Rasa Cemas dan Berharap

Seorang muslim juga dianjurkan untuk berdoa dengan penuh rasa berharap dan kecemasan. Perasaan ini bisa menimbulan kerendahan hati yang disukai Allah SWT.

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ -٥٦

Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.

Berdoa dengan Suara Lembut dan Kerendahan Hati

Seorang muslim juga dianjurkan untuk berdoa dengan suara yang lembut dan tidak dibesar-besarkan. Hal tersebut karena Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang melampaui batas.

اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَۚ – ٥٥

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Tidak Terburu-buru dan Merasa Yakin

Imam Al Ghazali menya,mpaikan bawah sesungguhnya do’a yang ditemani dengan keyakinan serta tidak terburu-buru akan didengar Allah SWT.

Bahkan, dianjurkan pula untuk berdoa tiga kali. Hal ini diriwayatkan Ibn Mas’ud RA yang mengatakan, “Apabila Nabi Muhammad SAW berdoa, beliau berdoa tiga kali. Dan apabila meminta, beliau juga meminta tiga kali,”

Itu tadi Sobat Holopis, beberapa adab berdoa agar kenginan Sobat Holopis dapat didengar Yang Maha Kuasa. Tetaplah menjadi Hamba yang rendah diri dan selalu menjalankan perintah-perintah-Nya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru