Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Cara Kontrol Lemak Saat Lebaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lebaran adalah salah satu momentum yang membahagiakan bagi umat Muslim di seluruh Indonesia. Karena di momentum tersebut banyak yang memanfaatkan waktu untuk bersilaturrahmi dengan sanak saudara dan keluarga.

Di balik momentum bahagia, ternyata lebaran bisa menjadi ancaman tersendiri bagi sebagian orang, khususnya mereka yang memiliki berat badan yang berlebih. Sebab, momentum lebaran kerap sekali disajikan dengan hidangan yang cukup jahat karena banyaknya lemak dan manis-manis.

Lantas bagaimana cara agar lemak tubuh tetap bisa terkontrol saat memeriahkan momentum lebaran bareng keluarga. Yuk simak beberapa tips yang bisa Sobat Holopis cermati bersama.

1. Kurangi asupan makanan olahan
Hindari makanan olahan yang mengandung lemak trans, minyak nabati yang diproses, dan makanan cepat saji yang kaya akan lemak dan kalori.

2. Perbanyak konsumsi sayuran
Imbangi asupan makanan kamu dengan memperbanyak konsumsi sayuran rendah kalori dan tinggi serat. Karena sayuran tersebut dapat membuat perut kenyang lebih lama dan membantu mengontrol nafsu makan.

3. Pilih sumber protein rendah lemak
Pilihlah sumber protein seperti ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan tahu. Sebab, beberapa jenis makanan tersebut cenderung rendah lemak.

4. Batasi konsumsi makanan berlemak jenuh
Memakan lemak tidak selalu menjadi lemak di dalam tubuh. Namun untuk beberapa kalangan, tentu harus ada upaya untuk membatasi konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh, seperti daging merah, mentega, keju, dan produk susu tinggi lemak.

5. Pilih jenis lemak sehat
Mengonsumsi lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda cukup baik untuk kebutuhan tubuh kamu Sobat Holopis. Beberapa makanan yang bisa dipilih antara lain ; alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

6. Kurangi konsumsi makanan manis
Makanan manis dapat memicu rasa lapar yang lebih cepat dan meningkatkan asupan kalori harian. Selain itu, makanan manis bisa memciu bertambahnya lemak di dalam tubuh. Sehingga makanlah makanan manis secukupnya, agar kebutuhan gula di dalam tubuh tidak berlebih.

7. Hindari makanan gorengan
Sebisa mungkin Sobat Holopis menghindari atau mengurangi makanan yang digoreng, sebab makanan yang digoreng dapat meningkatkan asupan lemak dan kalori.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru