Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Tips Silaturrahmi Saat Lebaran, Nomor 4 Paling Penting

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bersilaturahmi merupakan salah satu nilai penting dalam Islam. Tidak hanya bersilaturahmi dengan keluarga dekat, tetapi juga dengan kerabat jauh, tetangga, dan orang-orang yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam Islam, bersilaturahmi dianggap sebagai suatu amalan yang dianjurkan dan diberi pahala oleh Allah SWT. Berikut adalah beberapa tips tentang cara bersilaturahmi ala Islam dengan baik dan benar.

1. Sambutlah dengan senyuman
Ketika bertemu dengan seseorang, sambutlah dengan senyuman yang ramah dan tulus. Hal ini dapat membuat orang merasa lebih nyaman dan lebih terbuka untuk berbicara dengan Anda.

Sebagai umat Muslim, senyuman juga dianggap sebagai salah satu ibadah karena dapat membuat hati kita dan hati orang lain menjadi lebih tenang.

2. Jangan lupa ucapan salam
Salam merupakan ucapan yang sangat penting dalam Islam. Ketika bersilaturahmi, jangan lupa untuk mengucapkan salam kepada orang yang kita temui. Salam merupakan ungkapan kebaikan dan kedamaian yang sangat dihargai dalam agama Islam.

Selain itu, salam juga dapat membuat orang merasa dihargai dan diterima dengan baik.

3. Berikan perhatian yang tulus
Ketika bersilaturahmi, berikan perhatian yang tulus kepada orang yang kita temui. Dengarkan dengan baik apa yang mereka katakan dan berikan tanggapan yang sopan dan ramah. Hal ini dapat membuat orang merasa dihargai dan diterima dengan baik.

Sebagai umat Muslim, memberikan perhatian yang tulus juga dianggap sebagai suatu amalan yang dianjurkan.

4. Hindari gosip dan omongan yang tidak baik
Dalam Islam, gosip dan omongan yang tidak baik dianggap sebagai tindakan yang buruk. Ketika bersilaturahmi, hindari membicarakan orang lain dengan tidak baik atau menyebar gosip yang tidak benar. Hal ini dapat merusak hubungan baik antara orang-orang yang terlibat dan juga dapat merusak reputasi orang yang dibicarakan.

5. Doakan yang terbaik untuk orang yang kita temui
Sebagai umat Muslim, doa adalah suatu amalan yang sangat penting. Ketika bersilaturahmi, doakanlah yang terbaik untuk orang yang kita temui. Doa dapat memberikan kekuatan dan dukungan untuk orang tersebut dalam menjalani kehidupannya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru