Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Dear Mom, Siapin Obat-obatan Ini Sebelum Ajak Si Kecil Mudik

4. Obat Maag
Ini merupakan penyakit yang paling sering terjadi ketika melakukan perjalanan mudik, yaitu sakit maag. Pasalnya, ketika dalam perjalanan panjang mudik sulit untuk memperkirakan waktu perjalanan yang ditempuh apalagi ditambah dengan seluruh kemacetan.

Sehingga, waktu makan menjadi tidak teratur, terkadang anak juga sangat susah memilih makanan yang sesuai selera saat mudik karena pilihan yang terbatas. Oleh karena itu, ibu perlu membawa obat maag untuk berjaga-jaga.

5. Antihistamin
Selain maag, alergi juga merupakan kondisi penting yang perlu diperhatikan sebelum mudik. Walaupun ibu melakukan upaya agar si kecil terhindar dari alergi, namun harus tetap waspada dan menyiapkan obat agar meredakan reaksi alergi.

Antihistamin, merupakan jenis obat yang tepat dalam melawan alergi dengan cepat. Khusus bagi si kecil jenis antihistamin yang paling aman yaitu, difenhidramin dan cetirizine. Namun, perlu diperhatikan ibu sebaiknya obat antihistamin tak diberikan pada anak berumur kurang dari 2 tahun.

6. Ventolin
Obat yang perlu disiapkan ibu saat ingin menempuh perjalanan jauh atau mudik yang terakhir yaitu, ventolin. Debu, udara, serta polusi yang dihirup si kecil selama perjalanan dapat memicu terjadinya asma bagi anak yang sudah memiliki kondisi ini. Ketika terjadi serangan asma, hal ini menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan orang tua dan meresahkan si kecil. Pasalnya, ketika kumat sang anak dapat mengalami gejala seperti sulit bernapas, dada terasa sesak, nyeri dada, batuk, hingga mengi.

Maka, untuk menghindarinya pastikan untuk membawa inhaler saat melakukan mudik bersama si kecil. Obat asma seperti ventolin merupakan isi dari inhaler yang dapat dipersiapkan ibu, agar dapat mengatasi serangan asma dengan cepat. Adapun, selain ventolin obat asma yang dapat dikonsumsi anak adalah, salbutamol dan albuterol.

Itulah beberapa obat yang disarankan agar dipersiapkan ibu sebelum berangkat mudik, guna mencegah sebisa mungkin munculnya berbagai gangguan kondisi tubuh si kecil seperti yang telah kami jabarkan sebelumnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru