Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Dear Mom, Siapin Obat-obatan Ini Sebelum Ajak Si Kecil Mudik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mudik merupakan kegiatan berpergian dengan menempuh perjalanan panjang dan sudah menjadi sebuah tradisi bagi sebagian masyarakat Indonesia, saat hari raya keagamaan seperti Lebaran akan tiba.

Melakukan perjalanan yang jauh tentunya akan sangat menguras energi, baik perjalanan yang dilakukan dengan transportasi darat, laut, maupun udara serta dengan kendaraan umum maupun pribadi. Terkurasnya energi dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lelah dan terserang penyakit akibat sistem imun tubuh menurun. Terlebih bagi anak yang sejatinya memiliki sistem imunitas yang lebih rendah dari orang dewasa.

Oleh karena itu, penting bagi Orang tua untuk menghindari sebisa mungkin semua gangguan kesehatan pada anak selama melakukan perjalanan mudik. Salah satu caranya yakni dengan menyiapkan obat-obatan untuk buah hati.

Untuk itu, penting bagi Orang tua untuk mengetahui obat apa saja yang perlu dibawa saat hendak mudik bersama si kecil, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahuinya. Seperti yang telah dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Senin (17/4).

1. Antidiare
Ibu, penyakit seperti diare juga bisa terjadi ketika mudik. Umumnya, kondisi ini terjadi karena makan atau minum sembarangan atau tidak mencuci tangan dengan bersih sebelum makan. Ketika melakukan perjalanan jauh, biasanya sangat mudah sekali untuk tidak teliti dalam memastikan kebersihan makanan yang kita beli maupun tempat makannya, hal inilah yang menyebabkan terkena diare.

Oleh karena itu, penting agar setiap ibu mengetahui bagaimana cara meringankan gejala diare pada anak, yaitu dengan memberikan obat antidiare seperti minuman elektrolit maupun oralit guna mencegah dehidrasi karena BAB berlebihan. Tak hanya itu, obat antidiare juga dapat ringankan rasa sakit perut serta mual yang bisa terjadi saat diare.

2. Obat Mabuk Perjalanan
Mabuk perjalanan atau motion sickness merupakan kondisi umum yang dapat terjadi pada anak, apalagi bila dibarengi dengan melakukan aktivitas seperti dengan mainan atau alat elektronik selama perjalanan. Kondisi ini menyebabkan rasa tak nyaman dan dapat menyebabkan pusing hingga mual, tak heran banyak anak yang rewel selama melakukan perjalanan mudik.

Maka, ibu wajib mengetahui cara menghindarinya dengan menyiapkan obat mabuk perjalanan, kini sudah banyak obat anti mabuk perjalanan khusus bagi anak-anak dalam bentuk sirup berperisa yang dapat disiapkan ibu sebelum melakukan perjalanan mudik jauh. Perlu diingat, ketika memilih obat anti mabuk perjalanan pilihlah yang mengandung dimenhidrinat atau promethazine.

3. Paracetamol
Berikutnya, obat yang perlu disiapkan ibu ketika ingin menempuh perjalanan jauh selama mudik, yaitu paracetamol. Fungsi dari obat ini sendiri beragam dan dapat menangani keluhan umum yang sering terjadi saat perjalanan seperti, demam, batuk, pilek, pusing, hingga nyeri tubuh.

Ibu tak perlu khawatir, paracetamol kini tersedia dalam bentuk sirup sehingga cocok bagi si kecil yang tak dapat meminum tablet. Adapun, obat paracetamol dapat dikonsumsi sejak umur tiga bulan, namun perlu diperhatikan merek serta dosis obat sebelum penggunaannya, karena harus sesuai dengan umur anak.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru