BerandaNewsKesehatanIni 5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata, Catat!

Ini 5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata, Catat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan mata, pasalnya ini merupakan bagian tubuh yang tergolong penting dalam beraktivitas sehari-hari. Namun, beberapa orang masih saja tidak memiliki kesadaran yang cukup dalam menjaga kesehatan mata.

Bila tidak menjaga kesehatan mata, resiko terjadinya gangguan pada penglihatan dapat terjadi. Perhatikan, penjelasan berikut ini agar mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan agar terhindar dari semua resiko-resiko munculnya gangguan pada mata. Seperti yang dikutip Holopis.com, dari situs resmi Halodoc, pada Kamis (13/4).

1. Istirahat dari Komputer
Ketika terlalu lama menatap ke arah layar komputer, maupun laptop hal ini dapat meningkatkan resiko kerusakan pada mata. Akibatnya, mata menjadi kering dan tegang, pandangan menjadi kabur, sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, hingga kesulitan fokus saat menatap kejauhan. Pastikan untuk selalu mengambil waktu untuk beristirahat, bila memang memiliki tuntutan bekerja di depan layar komputer, pastikan untuk mengalihkan pandangan setiap 20 menit. Dengan melihat objek yang jauh di depan, agar mengurangi ketegangan pada mata.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Bila ingin indra penglihatan selalu sehat, cobalah untuk rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zinc, dan lutein. Adapun, anda juga dapat mengkonsumsi makanan seperti sayuran hijau, telur, kacang-kacangan, tuna, blueberry, blackberry, dan jeruk. Agar kesehatan mata anda tetap terjaga.

Penerbit Iklan Google Adsense

3. Berhenti Merokok
Tak hanya mengganggu kesehatan paru-paru dan jantung, kebiasaan merokok rupanya juga dapat memicu gangguan pada mata. Asap rokok yang mengenai mata, diketahui dapat meningkatkan terjadinya katarak, degenerasi makula, hingga kerusakan saraf optik yang menyebabkan kerusakan retina, dan yang lebih parah lagi sebabkan kebutaan. Hindarilah, merokok guna terhindar dari gangguan-gangguan mata tersebut.

4. Kacamata Pelindung
Dengan penggunaan kacamata, dapat dimanfaatkan guna kesehatan mata. Diantaranya, dapat digunakan ketika hendak beraktivitas di luar rumah, maupun depan komputer seharian. Tujuannya, agar mata anda tak mudah rusak dengan menggunakan kacamata anti-radiasi ketika bekerja depan komputer. Sedangkan, ketika sedang beraktivitas diluar apalagi di bawah terik matahari gunakanlah kacamata hitam, pasalnya kacamata tersebut tak hanya digunakan untuk bergaya namun juga berfungsi menghambat paparan sinar ultraviolet matahari ke mata anda.

5. Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata
Hal ini merupakan cara terbaik, agar kesehatan mata tetap terjaga. Sebab, dapat memantau kondisi bagian tersebut serta gangguan maupun masalah kesehatan mata yang muncul, agar segera dideteksi dan diatasi. Disarankan, bagi anda yang sudah lanjut usia maupun yang masih mudah, pria maupun wanita wajib rutin melakukan pemeriksaan kesehatan mata pada spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata anda, seperti yang telah kami jabarkan sebelumnya agar anda dapat melakukannya sesuai instruksi. Tujuannya, agar mata tetap sehat dan terhindar dari setiap resiko terjadinya gangguan penyakit mata.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ayo Makan Brokoli Hijau! Banyak Manfaatnya loh

Mengonsumsi brokoli hijau bisa berdampak baik untuk kesehatan, karena memang memiliki beragam manfaat bagi tubuh.

Ternyata Ini Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mandi pagi dengan air dingin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan salah satunya bisa meredakan gejala depresi. Berikut informasi...

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

HOLOPIS FEEDS