BerandaNewsKesehatanBegini Cara Hilangkan Koreng di Kaki Secara Alami dan Efektif

Begini Cara Hilangkan Koreng di Kaki Secara Alami dan Efektif

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Koreng merupakan jaringan pelindung yang terbentuk setelah kulit mengalami kerusakan. Ketika, kulit terkikis gumpalan darah kemudian terbentuk dan mengeras menjadi kerak pelindung. Namun, perlu diketahui bahwa jaringan kulit akan beregenerasi dan mampu gantikan kopeng guna memberi ruang bagi kulit baru dapat tumbuh kembali seperti semula.

Meski tak sedap dipandang, koreng merupakan indikator positif dalam proses penyembuhan yang sehat. Namun, perawatan pada kulit memakan waktu harian bahkan mingguan tergantung tingkat keparahan luka yang dialami. Jika ingin cepat hilang, simak penjelasan berikut ini agar mengetahui cara alami dan efektif hilangkan koreng.

Seperti yang telah dikutip oleh Holopis.com, melalui situs resmi milik Halodoc, pada Kamis (13/4).

1. Kompres Panas dan Dingin
Cara menghilangkan koreng yang pertama, dapat dilakukan dengan cara kompres panas maupun dingin, pada waktu yang berbeda. Penggunaan kompres panas atau hangat mampu mendorong aliran darah ke luka serta mendorong terjadinya regenerasi kulit, dan mencegah luka mengering. Kemudian, kompres dingin dapat diterapkan guna mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa gatal, tak hanya itu dengan kompres dingin dapat mengurangi peradangan pada area luka. Bila masalah peradangan dan pembengkakan terbilang parah, sebaiknya konsumsi obat anti-inflamasi dengan resep dokter.

Penerbit Iklan Google Adsense

2. Menjaga Kebersihan Koreng
Ketika tak menjaga kebersihan koreng, kuman dan kotoran dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi sehingga proses penyembuhan menjadi lebih lama. Maka, sangat penting untuk menjaga kebersihan pada koreng, anda dapat mencuci koreng dengan lembut dengan menggunakan sabun dan air. Usahakan, untuk tidak menggosok secara berlebih karena dapat menimbulkan iritasi, bahkan berdarah sehingga luka kembali terbuka.

3. Menjaga Area Luka Tetap Lembab
Dengan menjaga kelembaban kulit pada area luka, mampu membantu kulit sembuh lebih cepat. Sehingga, ketika kelembaban terjaga dapat mencegah luka bertambah besar serta atasi rasa gatal, hingga terbentuknya jaringan parut. Anda dapat melakukannya dengan petroleum jelly setiap hari, agar koreng menjadi lebih lembab.

4. Jangan Kupas Koreng
Ketika mengalami luka, hentikan mengupas koreng agar proses penyembuhan lebih cepat dan koreng menghilang dengan sempurna. Pasalnya, saat mengelupas koreng proses pemulihan jauh lebih lambat serta dapat menumbuhkan koreng baru lainnya, bahkan resiko terkena infeksi menjadi lebih tinggi.

Itulah beberapa cara alami dan efektif menghilangkan koreng. Pastikan untuk melakukan sama seperti yang telah kami jabarkan sebelumnya, agar bekas luka lebih cepat sembuh dan koreng yang cepat menghilang.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS