Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tol Cisumdawu Siap Layani Pemudik, Tapi Hanya Dibuka di Jam Ini …

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kabar gembira bagi pemudik dengan Tujuan Jawa Barat dan sekitarnya. Sebab pada momen mudik Lebaran tahun 2023 ini, Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan siap beroperasi.

Meski begitu operasional dari tol yang sejatinya belum rampung sepenuhnya itu berlangsung terbatas, yakni dari siang hingga sore pukul 15.00 WIB.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, bahwa Tol Cisumdawu itu baru akan dibuka pada tanggal 15 April 2023 mendatang.

“Tanggal 15 April 2023 nanti tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 ini sudah selesai dan secara fungsional bisa digunakan. Semoga ini dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya,” ujar Muhadjir dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Senin (10/4).

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan alasan pihaknya membatasi operasional tol Cisumdawu saat mudik Lebaran tahun ini. Yakni karena mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewati jalur ini.

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” tutur Budi.

Adapun setelah beroperasi secara terbatas pada momen mudik Lebaran 2023, seluruh ruas Tol Cisumdawu akan beroperasi secara penuh pada akhir Mei 2023 mendatang.

“Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas operasional di Cisumdawu, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru