Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Bahaya Jajanan Nitrogen bagi Kesehatan, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jajanan dengan kandungan nitrogen, kini tengah ngetren dan digemari banyak orang. ‘Ciki ngebul’ merupakan cemilan unik yang dapat menghasilkan efek asap dari nitrogen cair dalam wujud cairan bening dengan suhu yang sangat rendah. Namun, nyatanya jajanan unik ini dapat berdampak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Adapun pada tahun 2022, terdapat beberapa kasus keracunan akibat jajanan tersebut di pulau Jawa. Suhu dingin yang dihasilkan nitrogen dapat menimbulkan masalah serius bila dikonsumsi secara langsung. Tak hanya itu, cara penyajian yang salah dan tak sesuai prosedur juga dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui apa saja masalah yang dapat ditimbulkan. Seperti yang dikutip Holopis.com, dari situs resmi RS Siloam, pada Senin (10/4).

1. Keracunan
Nitrogen cair merupakan tempat yang baik bagi pertumbuhan mikroorganisme, sehingga apabila wadah penyimpanan nitrogen cair terkontaminasi dapat menyebabkan keracunan. Beberapa jenis bakteri yang ditemukan yaitu Mucor spp, Escherichia coli, hingga Staphylococcus spp. Bakteri-bakteri tersebut jika berpindah ke dalam makanan, dapat menyebabkan orang yang mengkonsumsinya keracunan.

2. Frostbite (Radang Dingin)
Frostbite atau radang dingin, merupakan kondisi kulit yang melepuh akibat suhu yang terlalu dingin atau ekstrim. Hal ini, dapat disebabkan oleh nitrogen cair apabila mengenai kulit maka akan muncul gejala seperti melepuh atau luka bakar, mati rasa, hingga kulit kemerahan dan menggelap.

Kondisi ini, rentan terjadi bila jajanan dengan kandungan nitrogen cair tersebut memenuhi mulut atau tidak sengaja menempel pada gusi. Bahkan, dalam kasus terparah radang dingin atau frostbite dapat menyebabkan kematian jaringan kulit.

3. Masalah Pencernaan
Volume gas yang terlalu besar dapat melukai saluran pencernaan, atau bahkan berpotensi robeknya saluran cerna. Selain itu juga dapat berlubang, dan mengalami perdarahan atau yang disebut dengan perforasi saluran cerna. Pasalnya, asap dari penguapan nitrogen yang dihirup oleh tubuh dapat menyebabkan nitrogen memuai dan volumenya bertambah hingga 694 kali lipat.

4. Masalah Pencernaan
Ketika menghirup uap jajanan nitrogen, dapat memicu terjadinya sesak napas atau bahkan memperparah gejala pernapasan lainnya, apalagi bila dikonsumsi dalam tempat tertutup. Pasalnya, nitrogen dapat menguap dan mengurai jumlah oksigen akibatnya tubuh akan kekurangan oksigen serta rasa pusing dan sesak napas.

Adapun, telah kami jabarkan beberapa dampak buruk dari konsumsi jajanan nitrogen sebelumnya. Namun, bila tidak dikonsumsi secara berlebihan serta disajikan sesuai prosedur masih dapat dikonsumsi.

Beberapa cara yang dapat anda lakukan bila ingin mengkonsumsi jajanan tersebut yaitu, tunggu hingga nitrogen menguap di wadah sebelum memakannya, konsumsi sedikit demi sedikit, makan di tempat yang terbuka, hindari menyentuh secara langsung, serta hindari memasukkan jajanan dalam kantong atau wadah yang tertutup.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru