Mahfud MD Bisa Jadi Variabel Determinan Kemenangan Capres

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aktivis 98, Sulaiman Haikal menilai bahwa sosok Mahfud MD cukup bagus di mata publik. Apalagi pasca banyak kasus-kasus besar dan menjadi perhatian publik meletus berkat campur tangan dari Menko Polhukam tersebut.

“Mahfud MD saat ini menggenggam dukungan publik yang luar biasa besar,” kata Haikal kepada Holopis.com, Senin (10/4).

Beberapa kasus besar tersebut antara lain ; kasus pembunuhan berencana Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat oleh Ferdy Sambo cs, klasus backing mafia tambang, aset koruptor BLBI, indikasi pencucian uang Rp349 triliun di Kementerian Keuangan dan lainnya. Dan yang teranyar adalah upaya Mahfud MD untuk memberedel bisnis tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Menurut Haikal, perspektif publik kepada Mahfud MD tentu sangat positif dan banyak yang mengategorikan sebagai representasi suara rakyat selama ini.

“Keberpihakannya kepada rakyat kecil dengan isu-isu kerakyatan juga membuat namanya tinggi melambung meraup dukungan luar biasa dari rakyat. Hampir semua orang di berbagai sektor sekarang ini membicarakan Mahfud MD,” ujarnya.

Dengan demikian, Haikal menilai bahwa tak berlebihan jika nantinya ada partai politik yang tertarik untuk meminang Mahfud MD dalam kontestasi politik elektoral Pemilu 2024 mendatang.

“Walaupun bukan tidak mungkin ada parpol yang realistis dan mencalonkan Prof Mahfud MD untuk meraih kemenangan. Bisa saja, politik itu dinamis,” ucapnya.

Kemudian, Haikal juga mengaitkan dengan berbagai temuan lembaga survei yang menyebut bahwa selisih suara dari 3 (tiga) nama besar bakal calon Presiden tidak terlalu signifikan. Yakni ; Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan.

“Ketiga capres tersebut berbagi margin tipis dan fluktuatif sekali, sehingga belum bisa dijadikan patokan siapa pemenang pilpres 2024. Masih akan banyak dinamika yang bisa terjadi pada calon pemilih,” tuturnya.

Dinamika itu menurut Haikal salah satunya adalah siapa sosok pendamping masing-masing dari mereka, sehingga suara rakyat bisa semakin mengerek elektabilitas.

Ditambahkan lagi oleh mantan Ketua Umum PIJAR Indonesia (Pusat Informasi dan Jaringan Aksi Reformasi) tersebut, Mahfud MD bisa menjadi penambah kekuatan elektabilitas itu. Ia menyarankan, siapapun Capres yang maju nanti, paling tidak bisa mempertimbangkan sosok Mahfud MD sebagai pendampingnya.

“Mahfud MD saat ini menjadi variabel kemenangan pada semua capres. Siapa pun yang mampu menarik Mahfud MD dalam pencapresannya, dan mengkapitalisasi dukungan besar publik padanya, dapat dipastikan akan meraih kemenangan dalam pilpres Februari (2024) yang akan datang,” pungkasnya.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Mahfud MD Kenang Mendiang Salim Said, Kenal Saat Menjadi Menhan di Era Gus Dur

Pakar hukum tata negara sekaligus mantan Menko Polhukam, Prof Mahfud MD menyampaikan rasa duka atas meninggalnya Prof Salim Said di RSCM dalam usianya yang ke 80 tahun.

Revisi UU Penyiaran Berpotensi Larang Wartawan Investigasi, Mahfud MD : Itu Keblinger!

Pakar Hukum Tata Negara, Mahfud MD, ikut berkomentar perihal revisi Undang-Undang (UU) Penyiaran yang berpotensi melarang produk jurnalistik investigasi. Menurutnya, hal itu merupakan satu kekeliruan.

Alasan Mahfud MD Tolak RUU MK : Bisa Ganggu Independensi Hakim

Pakar hukum tata negara, Prof Mohammad Mahfud MD menilai bahwa Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Keempat atas UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi (RUU MK) memang aneh.

Masuk Usia 67 Tahun, Doa Mengalir untuk Mahfud MD

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD mendapatkan banjiran doa atas bertambahnya usia yang ke 67 tahun. Di mana Mahfud MD ulang tahun pada tanggal 13 Mei 2024 kemarin.

Mahfud MD Ikut Berduka Fadil Zumhana Wafat

Pakar hukum tata negara dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Mahfud MD menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya salah satu sahabatnya, yakni Fadil Zumhana usai sakit dan dirawat intensif di RSCM Jakarta.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Hari Kebangkitan Nasional 2024

Berita Terbaru

Terpopuler

Soraya Rasyid Diduga Sering Digilir Banyak Pria Selain Dituding Jadi Selingkuhan Andrew Andika

Nama presenter Soraya Rasyid ikut terseret kasus perselingkuhan aktor Andrew Andika. Istri Andrew, Tengku Dewi Putri membeberkan bahwa Soraya diduga sebagai selingkuhan Andrew.