Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hari Romani Internasional, 8 April : Begini Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Romani Internasional diperingati pada 8 April di setiap tahunnya.

Hari Romani Internasional merupakan peringatan besar delegasi Romani yang diadakan pada April 1971 di Chelsfield dekat London, Inggris.

Hari Romani Internasional ini merupakan hari untuk merayakan peringatan budaya dan sejarah Roma mulai dari segi kesenian dan lain sebagainya.

Selain itu, Hari Romani Internasional juga sekaligus hari untuk mengakui dan menyoroti berbagai tantangan yang dihadapi penduduk Romani, yang merupakan salah satu kelompok minoritas terbesar di Eropa.

Bahkan di zaman modern, orang Romani masih melawan diskriminasi sistemik, kemiskinan, dan pengucilan sosial, dan Hari Romani Internasional pun muncul dan diakui dunia internasional.

Sejarah Hari Romani Internasional

Dikutip Holopis.com dari National Today, Sabtu (8/4), Hari Romani Internasional berawal dari pertemuan internasional besar pertama perwakilan Roma, yang diadakan dari tanggal 7 hingga 12 April 1971, di Chelsfield dekat London, Inggris Raya.

23 perwakilan dari sembilan negara berbeda menghadiri edisi perdana Kongres Romani Sedunia.

Namun pada 8 April, Hari Romani Internasional belum secara resmi dinyatakan sebagai hari besar hingga tahun 1990 selama Kongres Romani Sedunia ke-4 di Serock, Polandia.

Kemudian pada tahun 1990 itu juga, ada Kongres Romani Sedunia dari Persatuan Romani Internasional (IRU) dihadiri oleh 250 delegasi dan mereka membahas isu-isu seperti pendidikan, hubungan masyarakat, bahasa, dan reparasi Perang Dunia II.

Deklarasi pun resmi digaungkan pada tahun 1990 tersebut, dimana Delegasi di Kongres Romani Sedunia keempat di Polandia secara resmi mendeklarasikan 8 April sebagai Hari Romani Internasional.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sejarah Hari Perdamaian Internasional 21 September

Pada tanggal 21 September setiap tahunnya, masyarakat dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace. Peringatan ini bukan hanya sekadar hari untuk memperingati perdamaian, tetapi juga memiliki makna mendalam.

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru