HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jackie Chan. Siapa sih yang tak kenal dengan tokoh yang satu ini?

Jackie Chan merupakan seorang aktor Asia yang berhasil menembus pasar komersil Amerika Serikat, berkat kombinasi unik antara koreografi laga dan humor.

Hari ini, Jumat (7/4), merupakan hari ulang tahun Jackie Chan yang ke-69 tahun. Pria bernama asli Chan Kong-San itu lahir pada tanggal 7 April 1954 di Hongkong, China.

Chan sendiri merupakan aktor yang datang dari keluarga sederhana di Hong Kong. Pada saat berusia enam tahun, Chan bersama keluarganya diketahui pindah ke Canberra Australia.

Setahun kemudian, Chan dikirim kembali ke Hong Kong untuk bersekolah di sebuah sekolah asrama dengan aturan yang terbilang cukup ketat.

Di sekolah, Chan tak hanya memperoleh pelajaran formal sebagaimana sekolah lain pada umumnya. Chan juga memperoleh pembelajaran tentang jingxi, atau opera China.

Perjalanan karier Jackie Chan

Popularitas Jackie Chan di dunia film tentu tidak didapatnya secara cuma-cuma dan dalam waktu yang singkat. Terdapat perjalanan panjang yang harus ditempuh Chan untuk menjadi bintang film Asia.

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman Britannica, Chan memulai awal karier-nya di dunia film dan mulai dikenal publik adalah saat dirinya ditunjuk oleh film indie, Lo Wei untuk menjadi suksesor Bruce Lee di serangkaian film kung fu dengan budget rendah pada tahun 1976-1978.