HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pernahkah anda mendengar bahwa menulis memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa orang menganggap bahwa menulis adalah sesuatu yang membosankan, dalam menulis tidak perlu keahlian khusus seseorang hanya memerlukan buku dan pena atau pensil yang banyak tersedia sekarang ini.

Hal yang terpenting dalam menulis ialah niat dari awal, jika tidak maka tidak akan terlaksana kehendak seseorang untuk menulis. Kegiatan menulis, tidak dimaksudkan agar menjadi sastrawan besar dan terkenal, namun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Simak penjeasan berikut ini, guna mengetahuinya seperti yang dikutip Holopis.com lewat situs resmi RS Islam, Kamis (6/4).

1. Mengurangi Stres
Chicago Medical School, merupakan sebuah studi yang membuktikan bahwa penderita kanker yang kurang perhatian dan kasih sayang dari keluarganya selalu menulis selama 20 menit dalam sehari, mengenai penyakit yang dideritanya. Alhasil, para penderita kanker tersebut jadi jarang mengalami stres selama enam bulan setelahnya.

2. Melawan Penyakit
Penelitian yang dilakukan di Ben-Gurion University, Israel, pada 2002. Menyimpulkan bahwa, seseorang yang sering menuliskan sebuah kejadian yang mereka pikirkan atau beban pikiran mereka setiap harinya, dapat membantu mengurangi intensitas kunjungan mereka ke klinik pengobatan selama 15 bulan ke depan.

3. Mengurangi Berat Badan
Peneliti dari Women’s Health Initiative, menarik kesimpulan bahwa ketika seseorang sering membuat catatan harian tentang makanan yang ia konsumsi, dapat membantunya sadar akan konsumsi kalori dan asupan lemak harian yang dikonsumsi. Sehingga, dapat mengetahui berapa banyak makanan yang dikonsumsi, serta lebih mudah untuk menguranginya.

Mulailah menulis ketika telah mengetahui manfaat dari menulis bagi kesehatan anda, tak hanya sekedar kegiatan wajib yang selalu dilakukan di sekolahan atau perkantoran, atau dimanapun anda berada. Namun, dapat membantu menjaga kesehatan anda seperti yang telah kami jabarkan sebelumnya.