Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hari Nelayan Nasional : Bentuk Apresiasi Upaya Pemenuhan Kebutuhan Protein

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal 6 April selalu menjadi hari bersejarah bagi para nelayan dengan adanya peringatan Hari Nelayan Nasional yang diperingati setiap tahunnya.

Peringatan Hari Nelayan Nasional ini pun kali pertama dicetuskan pada tahun 1960 lalu sejak pemerintahan Orde Baru yang berawal dari tradisi masyarakat di Pantai Pelabuhan Ratu.

Pada waktu itu, masyarakat di sekitar pantai melaksanakan tradisi turun-temurun sebagai bentuk rasa syukur atas kesejahteraan hidup yang diberikan dari hasil-hasil laut. Tradisi ini dilakukan dengan upacara khusus dengan menampilkan tarian tradisional dan pelepasan sajen ke laut.

Tradisi pelepasan sajen ini dilakukan sebagai bentuk pengharapan agar hasil tangkapan nelayan bisa semakin meningkat.

Tujuan peringatan hari tersebut sebagai bentuk apresiasi jasa para nelayan Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia sekaligus sebagai bentuk pengingat untuk bersyukur dan memajukan kesejahteraan nelayan.

Upacara yang diselenggarakan setiap tanggal 6 April ini didasari oleh keadaan geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Oleh karena itu, Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Sejatinya, Hari Nelayan merupakan tradisi turun-temurun untuk mengungkapkan syukur atas kesejahteraan hidup yang diberikan. Upacara ini diisi dengan tarian tradisional dan pelepasan sajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan semakin meningkat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru