HOLOPIS.COM, KALTENG – Bencana banjir melanda setidaknya lima kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, tingginya intensitas hujan menyebabkan meluapnya Sungai Barito hingga permukiman warga.

“Banjir juga merendam beberapa bangunan, yaitu 2.988 unit rumah warga, 18 sarana Pendidikan, 2 unit fasilitas kesehatan, 27 unit rumah ibadah dan 42 ruas jalan terendam dengan ketinggian muka air bervariasi antara 30 hingga 200 centimeter,” kata Abdul dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (6/4).

Abdul menjelaskan, lima kecamatan terdampak ialah Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Dusun Hilir, Kecamatan Dusun Utara, Kecamatan Karau Kuala dan Kecamatan Jenamas.

“Sebanyak 4.914 KK / 15.268 jiwa yang berada di lima kecamatan tersebut terdampak,” imbuhnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kalimantan Tengah pada Kamis (6/4) dan Jumat (7/4) berpotensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Sementara itu berdasarkan analisa InaRisk BNPB, wilayah Kabupaten Barito Selatan memiliki tingkat risiko bencana banjir pada level sedang hingga tinggi.

“Dihimbau kepada seluruh pihak di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan menhadapi bencana banjir,” tutupnya.