Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hari Bank Dunia 1 April : Begini Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Bank Dunia merupakan salah satu hari bersejarah yang diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya. Hari spesial ini sengaja diciptakan untuk berbagai aktivitas ekonomi negara di dunia.

Sejarah Hari Bank Dunia

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman history, peringatan Hari Bank Dunia tak lepas dari awal terbentuknya Bank Dunia atau yang dikenal dengan sebutan Word Bank.

Bank Dunia terbentuk dalam sebuah konferensi bertajuk ‘United Nations Monetary and Financial Conference’, yang berlangsung di Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat pada tanggal 1 April 1944 silam.

Dalam konferensi tersebut, terbentuk sebuah badan yang tak lain adalah Bank Dunia yang hingga saat ini telah memainkan peran penting dalam mengelola perekonomian dunia, khususnya dalam mengentas kemiskinan di dunia.

Fungsi Bank Dunia

Perlu Sobat Holopis ketahui, tugas pokok Bank Dunia adalah mendistribusikan dana bantuan atau dana moneter kepada beberapa negara yang sistem ekonominya sedang kurang sehat.

Dalam sejarahnya, negara pertama yang menerima bantuan dari Bank Dunia adalah Perancis. Pada masa tersebut, negeri menara Eiffel butuh bantuan dana segar yang nilainya mencapai 250 juta dollar AS.

Dana bantuan tersebut digunakan Prancis untuk membangun kembali sistem pemerintahan dan infrastruktur nasional yang porak-poranda akibat perang dunia II.

Tak heran, dibentuknya Bank Dunia bertujuan untuk menolong kondisi perekonomian berbagai negara yang terdampak pasca Perang Dunia II.

Namun seiring berkembangnya waktu, berbagai fungsi bank dunia terus bertambah, yaitu membantu mendistribusikan dana bantuan pada wilayah yang terkena bencana, krisis, dan sebagainya

Sebagai bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Bank Dunia memiliki sistem kerja yang amat berbeda dengan sub-organisasi lain seperti UNESCO dan WHO. Sebab, selain memberikan bantuan dana, Bank Dunia juga mengemban tugas untuk memberikan jasa konsultasi pada setiap negara yang hendak memperbaiki kondisi perekonomian mereka.

Komitmen tersebut terus berjalan hingga hari ini. Tidak hanya itu, Bank Dunia juga berperan penting dalam perkembangan sistem pendidikan di berbagai negara. Sebab, terbukti sejak tahun 1963, badan tersebut telah menggelontorkan dana tak kurang dari 36,5 triliun dollar AS yang dikhususkan pada sektor pendidikan.

Hingga saat ini, Bank Dunia yang berpusat di Washington DC, Amerika Serikat itu telah memiliki kantor cabang di 11 negara berbeda dan telah memiliki anggota sebanyak 189 negara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru