Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

ChatGPT Kembangkan GPT-5 dengan Kemampuan Mirip Manusia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – ChatGPT baru saja melakukan upgrade, dengan menghadirkan GPT-4. Tapi ada informasi, saat ini OpenAI sedang melakukan pengembangan GPT-5. GPT-5 yang dikembangkan ini, kabarnya akan memiliki kemampuan yang sama dengan manusia.

Dikutip Holopis.com dari BGR, Sabtu (1/4), Developer dan entrepreneur teknologi, Siqi Chen mengatakan OpenAI akan menyelesaikan pelatihan untuk GPT-5 pada akhir tahun ini.

Bahkan Chen mengungkapkan, jika GPT-5 akan mencapai artificial general intelligence (AGI) yang membuat ChatGPT semakin sulit dibedakan dengan manusia.

“Saya diberi tahu bahwa GPT5 dijadwalkan akan menyelesaikan pelatihan Desember ini dan OpenAI berharap dapat mencapai AGI,” katanya.

Jika GPT-5 sudah mencapai AGI, maka kemampuannya akan sama seperti manusia dalam memahami konsep dan tugas. Sehingga, saat melakukan chatting dengan ChatGPT terasa mirip seperti berbicara dengan manusia.

Sebagai informasi, AGI merupakan level Artificial Intelligence (AI) yang lebih tinggi dan tidak terbatas hanya untuk tugas atau fungsi tertentu.

Di sisi lain, produktivitas manusia akan meningkat dengan AGI untuk mempercepat proses pekerjaan yang membutuhkan AI sehingga manusia tidak perlu melakukan tugas yang sama berulang-ulang.

Namun ada juga sisi negatif dari AGI, seperti munculnya misinformasi dan propaganda menyebar lebih luas. Karena orang tidak bertanggung jawab bisa membuat bot yang sangat mirip manusia yang disebarkan di media sosial

Tapi, informasi tersebut masih spekulasi karena tidak ada model AGI yang bisa dibandingkan dengan ChatGPT. Apalagi, masih terlalu awal bagi OpenAI untuk mendemonstrasikan atau membahas GPT-5 sebelum sistemnya siap.

Sebelumnya, GPT-4 sebagai AI (Artificial Intelligence) dari OpenAI, akhirnya dirilis dengan kemampuan yang lebih pintar dan kreatif. Model baru AI ini, akan digunakan dalam ChatGPT dan Bing.

Akurasi GPT-4 dalam menyelesaikan masalah susah, diklaim cukup tinggi. Selain itu, AI ini juga bisa melakukan analisa perintah berbentuk gabungan teks dan gambar. Namun, respon yang dikeluarkan GPT-4 tetap berbentuk teks.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru