Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

5 Tips Jaga Kesehatan Tubuh Saat Cuaca Ekstrem, Simak Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tak hanya berdampak mengganggu aktivitas sehari-hari, cuaca ekstrem juga dapat berdampak pada kesehatan seseorang. Pasalnya, kuman dan virus menyebar lebih cepat ketika cuaca buruk, maka sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan di tengah ekstremnya cuaca.

Seringkali, sangat sulit untuk memprediksi kapan akan hujan dan kapan akan panas. Temperatur bisa berubah kapan saja secara drastis, simak penjelasan berikut ini seperti yang dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Sabtu (1/4).

1. Rutin Berolahraga
Banyak manfaat kesehatan yang dapat dirasakan ketika melakukan aktivitas fisik. Berolahraga rupanya, dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit serta memperkuat otot. Penelitian membuktikan bahwa orang yang berolahraga rutin, cenderung lebih sehat dibandingkan yang tidak berolahraga sama sekali. Namun, ketika cuaca ekstrem hindari olahraga di luar ruangan dan di bawah panas terik matahari, anda cukup melakukannya di dalam ruangan seperti yoga dan aktivitas olahraga dalam ruangan lainnya.

2. Minum Air Putih yang Cukup
Dalam cuaca apapun, anda harus tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih 2 liter dalam sehari. Terlebih lagi ketika cuaca ekstrem suhu dapat dengan mudah berubah, sehingga konsumsi air putih yang cukup dibutuhkan agar tubuh terhindar dari dehidrasi, yang dapat menyebabkan lemahnya tubuh.

3. Tidur Cukup Setiap Hari
Tubuh membutuhkan istirahat dengan durasi 7 sampai 9 jam sehari, saat tidur malam. Tidur yang cukup merupakan hal krusial dalam menjaga kesehatan, kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan resiko terkena banyak penyakit serta keluhan kesehatan lainnya. Pasalnya, ketika tidur tubuh akan bekerja untuk mengurangi rasa lelah serta mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh. Sistem imun, akan bekerja untuk memperbaiki masalah kesehatan, sehingga ketika kurang tidur dan buruknya kualitas tidur menimbulkan banyak masalah kesehatan apalagi ditambah dengan ektreamnya cuaca. Usahakan untuk selalu mengatur waktu tidur yang cukup, pola tidur yang sehat, serta hindari penggunaan ponsel atau benda elektronik lainnya menjelang tidur.

4. Memakai Pakaian Sesuai Cuaca
Cara menjaga kesehatan di cuaca ekstrem berikutnya, yaitu dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Hindari penggunaan bahan tipis ketika cuaca yang sering hujan, serta hindari bahan yang tidak menyerap keringat saat panas. Penggunaan pakaian yang sesuai dengan cuaca saat itu, tentunya akan membuat suhu tubuh lebih stabil sehingga mengurangi resiko sakit. Adapun, ketika cuaca tidak menentu pastikan untuk membawa pakaian maupun barang yang dapat anda gunakan ketika cuaca tiba-tiba berubah.

5. Konsumsi Makanan Sehat
Dengan pola makan yang sehat, bernutrisi, serta teratur merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh selama cuaca ekstrem. Konsumsi makanan yang berenergi dapat memperbaiki keluhan tubuh. Ketika cuaca ekstrem, perbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan yang dapat membantu imun tubuh melawan zat berbahaya, sehingga tubuh terhindar dari penyakit.

Pastikan untuk selalu mempersiapkan semua barang, maupun menjaga kesehatan guna menghadapi cuaca ekstrim yang tak dapat diprediksi sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh anda.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru