Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tips Cegah Bau Mulut saat Puasa, Simak Penjelasannya…

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan saat puasa, adalah bau mulut. Hal ini terjadi karena kurang lebih 14, tidak ada makanan maupun minum yang masuk dalam mulut, sehingga mempengaruhi jumlah air liur alis saliva dalam mulut. Hal inilah, yang menyebabkan mulut menjadi kering dan memicu bau mulut, karena bakteri lebih mudah berkembang biak.

Simak penjelasan berikut ini, kami jabarkan beberapa tips atasi bau mulut saat puasa. Seperti yang dikutip Holopis.com, dari situs resmi Halodoc, Rabu (29/3).

1. Perbanyak Asupan Buah dan Sayur
Semua jenis buah dan sayur, dapat membantu mengusir bau napas tak sedap saat puasa. Pasalnya, buah dan sayur dapat meningkatkan produksi air liur, agar menjaga mulut tetap lembab serta membersihkan area mulut dari kuman penyebab plak dan bau mulut.

2. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut
Penyebab utama bau mulut, adalah kebiasaan membersihkan mulut yang belum tepat. Tak hanya, rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari anda juga perlu menyikat lidah serta melakukan flossing agar kuman penyebab bau mulut dan plak tidak berkembang biak dalam mulut. Adapun, menyikat gigi dan lidah saja tidak cukup anda dapat harus melengkapinya dengan berkumur menggunakan obat kumur terbaik, yang mampu menjangkau serta membersihkan area mulut hingga ke sela-sela gigi tersempit.

3. Minum Air Putih yang Cukup
Guna mencegah bau mulut saat puasa, pastikan untuk banyak minum air putih saat sahur, berbuka puasa, dan malam hari sebelum tidur. Anda dapat melakukan pembagian waktu minum air putih saat puasa, misalnya minum 3 gelas saat berbuka puasa, 2 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas saat sahur. Hal ini bertujuan, agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan mulut terlalu kering, sehingga mengurangi resiko bau mulut.

4. Hindari Kebiasaan Merokok
Salah satu penyebab bau mulut adalah kebiasaan merokok, kondisi ini meningkatkan mulut semakin kering serta berkurangnya jumlah air liur dalam mulut. Sehingga, memicu nafas berbau tak sedap saat puasa menjadi lebih besar. Hindarilah kebiasaan merokok, agar kesehatan gigi dan mulut lebih terjaga, tak hanya itu menghentikan kebiasaan merokok juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika anda salah satu orang yang sering mengalami masalah bau mulut, dan lebih meningkat lagi di bulan puasa. Beberapa tips telah kami jabarkan, serta dapat anda praktekkan agar mengurangi resiko bau mulut dibulan puasa.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru