Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ketahui Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil, Simak Penjelasannya…

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penting bagi ibu hamil, untuk menjaga asupan nutrisinya selama masa kehamilan. Sehingga, ibu hamil termasuk kedalam kelompok yang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun, jika ibu hamil menjalankan puasa dibarengi dengan asupan nutrisi seimbang, hal ini justru dapat memberikan manfaat bagi ibu hamil.

Berpuasa saat hamil tidak diwajibkan, karena dapat meningkatkan resiko dehidrasi sehingga memicu komplikasi kehamilan, seperti kontraksi palsu, kelahiran prematur, maupun infeksi saluran kemih. Maka penting untuk ibu hamil mendapat persetujuan dokter, sebelum menjalankan ibadah puasa.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui manfaat berpuasa yang tepat bagi ibu hamil. Seperti dikutip Holopis.com, dari situs resmi Siloam Hospital, Rabu (29/3).

1. Menurunkan Resiko Diabetes Gestasional
Saat berpuasa, hal ini bermanfaat bagi ibu hamil trimester 3 yang dapat menurunkan resiko diabetes gestasional. Pasalnya, hal ini membuat hormon insulin menjadi lebih sensitif, dengan begitu kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil menjadi lebih terkontrol.

2. Membantu Proses Detoksifikasi
Manfaat berpuasa berikutnya, yaitu untuk proses detoksifikasi tubuh ibu hamil. Hal ini terjadi karena, saat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam kurung waktu tertentu, proses metabolisme akan bekerja dengan membuang sisa-sisa kotoran dari dalam tubuh.

3. Memelihara Konsentrasi dan Suasana Hati
Berpuasa diketahui dapat meningkatkan regenerasi serta perkembangan sel-sel dalam otak. Sehingga, dapat menjaga konsentrasi dan suasana hati ibu hamil, tak hanya itu puasa juga turut mengoptimalkan produksi hormon endorfin dalam tubuh yang dapat memicu perasaan bahagia. Hal ini membuat, ibu hamil yang menjalani puasa cenderung terhindar dari stres dan gangguan kecemasan.

4. Menjaga berat Badan Ideal
Puasa yang dilakukan dengan pola tepat, mampu mengontrol konsumsi makan bagi ibu hamil. Sehingga, dengan berpuasa dapat menjaga berat badan ideal ibu hamil, tak hanya itu puasa juga dapat membantu proses membakar lemak karena berkurangnya asupan kalori dalam tubuh. Alhasil, berat badan ibu hamil menjadi lebih terjaga.

5. Memelihara Kesehatan Jantung
Dengan berpuasa, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah secara signifikan. Sehingga, dapat disebutkan bahwa berpuasa memiliki manfaat memelihara kesehatan jantung. Menurunnya kadar kolesterol jahat dalam darah, membuat kerja jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh menjadi lebih optimal.

Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan ibu hamil, selama berpuasa yaitu pastikan kebutuhan cairan tubuh tetap tercukupi, konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang saat sahur dan berbuka, perbanyak konsumsi makanan tinggi serat, hindari konsumsi minuman mengandung kafein secara berlebihan, hindari makanan dengan kandungan gula tinggi, batasi aktivitas fisik yang berat, serta segera batalkan puasa bila mengalami morning sickness.

Sebelum berpuasa, pastikan kondisi optimal dan sudah disetujui oleh dokter, agar kesehatan tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa. Telah kami jabarkan sebelumnya mengenai manfaat dan tips puasa bagi ibu hamil, anda dapat menerapkannya bila ingin berpuasa dibulan Ramadhan ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru